Pegawai dan WBP Lapas Tuban Dites Urine

Reporter: Khoirul Huda 

blokTuban.com – Lapas Kelas II B Tuban sangat serius untuk membersihkan lingkungan kerjanya dari narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba).  Kamis (4/10/2018) pagi, seluruh pegawai dan warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang terdiri dari narapidana (napi) dan tahanan menjalani tes urine.

‘’Kami bersama dengan BNNK Tuban dalam tes urine ini,’’ ujar Kepala Lapas Tuban Sugeng Indrawan, didampingi Kepala BNNK Tuban AKBP I Made Arjasa.

Tes urine ini merupakan lanjutan dari tes urine yang digelar 23 September 2008 lalu, menyusul ditemukannya ratusan pil Dobel L dari sejumlah napi. Tes dilakukan pada 170 orang, yakni 100 orang dari WBP dan 70 orang pegawai Lapas.

‘’Pemeriksaan urine ini sebenarnya kegiatan rutin berkala, sekaligus tindaklanjut dari penemuan pil Doublel L yang kemarin. Ini bukti komitmen kami untuk membersihkan lingkungan kerja dari narkoba,’’ tambahnya.

Jika dari hasil pemeriksaan ini petugas dan napi didapati positif mengunakan narkoba, akan menerima sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pada pemeriksaan sebelumnya, semua negatif.

‘’Kita serius, secara berkala dan mendadak kita juga periksa kamar-kamar WBP untuk memastikan tidak ada narkoba,’’ katanya.

Kepala BNNK Tuban menyatakan komitmennya untuk membersihkan Bumi Wali dari narkoba. Harapannya, masyarakat ikut membantu agar upaya yang dilakukan BNNK bisa sesuai harapan. [hud/ono]