22:00 . Hasil Klasemen Liga 2 Indonesia Jatim   |   20:00 . Upayakan Air Bersih, PRKP Adakan 2 Sumur Bor di Grabagan   |   19:00 . Razia Karaoke Ilegal, 3 PL Diamankan   |   18:00 . Selama Porprov, Pengunjung Wisata Capai 12 Ribu Lebih   |   17:00 . Awal Pembentukan Komisariat, IPNU-IPPNU Soko Beri Materi Kepemimpinan   |   15:00 . Bupati: Tugas Guru PAI Kenalkan Konsep Islam Rahmatan Lil 'Alamin   |   14:00 . Di Hari Keluarga, Sekda Tuban Ajak 3 Jam Abaikan Medsos   |   13:00 . Generasi Tuban Harus Dikenalkan Islam Ramah   |   12:00 . Musim Kemarau, Ribuan Warga Tumpengan di Sumber Mata Air Bektiharjo   |   09:00 . Polisi Ringkus Empat Pelaku Pengeroyokan di Warung Tuak Palang   |   08:00 . Hari Koperasi, Sekda: Manfaatkan Teknologi Digital   |   07:00 . Bosan Camilan dan Permen, Bingkisan Ulang Tahun Anak Ini Lebih OK   |   06:00 . Jemaah Haji Tuban Akan Dapat Menu 'Pedas Asin' di Tanah Suci   |   22:00 . Dialog Kemenag: Semua Agama Mengajarkan Kedamaian   |   21:00 . Masalah Rumah Pasutri Mentoro Diblokade Warga Sudah Beres   |  
Thu, 18 July 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 29 August 2018 09:00

26 Skripsi Mahasiswa PBSI Unirow Tuban Lolos HKI

26 Skripsi Mahasiswa PBSI Unirow Tuban Lolos HKI

Pengirim: Fitriyah Ayu Puspitasari

blokTuban.com - Tak kurang dari 26 judul skripsi mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, Jawa Timur, lolos Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

HKI tersebut diajukan kepada Direktorat Jendral Kementrian Hukum (DJKI) secara online, pada 22 Agustus 2018 lalu.

"Karya tulis yang di HKI kan harus bersifat orisinil bukan hasil plagiasi," ujar Dosen pembimbing skripsi PBSI, Sri Yanuarsih, saat diwawancarai lewat gawai, Selasa (29/8/2018).

Sri sapaan akrabnya menjelaskan, tujuan karya tulis di hak ciptakan untuk melindungi karya berupa skripsi yang sudah dibuat. Hak cipta juga bisa digunakan untuk kenaikan pangkat bagi yang sudah menjadi tenaga pendidik, ataupun sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

"Semoga bisa menjadi kebanggan bagi karya yang telah di hak ciptakan," terang dosen yang di kenal tegas itu.

Salah satu mahasiswa yang karyanya di hak ciptakan, Nur Cholifah, mengungkapkan, pihaknya fokus dalam penelitian sastra. Dia sengaja meneliti tentang ekofeminisme khususnya di aliran transformatif dari novel Partikel, dimana jarang diusung peneliti lain.

Mahasiswa yang pernah menyabet juara satu penulisan cerpen ini mengaku bahagia saat mengetahui skripsinya menjadi salah satu yang di hak ciptakan. Sifah sapaan akrabnya, merasa tidak percaya sekaligus senang, karena melihat skripsi mahasiswa lain judulnya tak kalah menarik.

"Alhamdulillah skripsi saya menjadi salah satu yang lolos HKI," pungkasnya. [rom]

skripsi

Daftar Mahasiswa dan Judul Skripsi yang di Hak Cipta:
1.M. Zahidin Nur Al Husaini (Penerapan Metode Somatic Auditory Visualization Intelectualy dengan Media Video Pementasan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-unsur Drama pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Paciran Tahun Pelajaran 2017/2018)
2. Wiwin Nadhifah (Penerapan Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestetic (VAK) dengan Media Film Pendek untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama pada Siswa Kelas VIII SMP Al-Amin Paciran Lamongan Tahun Pelajaran 2017/2018)
3. Siti Nurcholifah (Ekofeminisme Transformatif dalam Novel Partikel karya Dee: Perspektif Ekologi Sastra)
4. Meritidia Iftitahul Ilma (Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Ulasan dengan Media Headline Koran melalui Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 15 Sedayulawas Lamongan Tahun Pelajaran 2017/2018)
5. Mir’atul Islamiyah (Aspek Kepribadian Tokoh dalam Novel Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas karya Eka Kurniawan: Tinjauan Psikologi Sastra)
6. Siti Doimatun Nikmah (Prinsip Kerja Sama dalam Kegiatan Transaksi Jual Beli pada para Pedagang Pasar Tradisional di Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang)
7. Heru Setiawan (Implikatur Percakapan Usia Remaja di Desa Pucangan Kec. Palang Kab. Tuban (Suatu Tinjauan Pragmatik))
8.Mahfud Hariadi ( Realitas Sosial Politik dan Budaya dalam Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer (Kajian Sosiologi Sastra))
9. Norita (Analisis Struktur Kelas Sosial dalam Novel Bukan Semillah karya Nadine T (Tinjauan Sosiologi Sastra Marxis))
10. Yuliatin Safa Indra (Penerapan Metode Discovery Learning dengan Media Tayangan Peristiwa untuk Meningkatkan Penguasaan Literasi Informasi Pada Kelas VIII SMP Muhammadiyah 15 Sedayulawas Brondong Lamongan Tahun Pelajaran 2017/2018)
11. Yulita Wahyuningtyas (Analisis Nilai Sosial dan Moral dalam Novel Wanita-Wanita Matahari karya Aisyah Qahar: Tinjauan Sosiologi Sastra)
12. Titik Zulia Citra (Gender dan Pendidikan Karakter Tokoh Kartini dalam Novel Panggil Aku Kartini Saja karya Pramoedya Ananta Toer)
13. Rendi Septian Ar Rohman (Peningkatan Kemampuan Menulis Anekdot dengan Pendekatan Saintifik Melalui Model Pembelajaran Modelling The Way pada Siswa Kelas X SMA Hasyim Asy’ari Pucuk Lamongan Tahun Pelajaran 2017/2018)
14. Ainur Rodhiyah (Perbandingan Metode Think-Talk-Write dengan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Media Gambar Seri pada Siswa Kelas XI MAN 1 Tuban Tahun Pelajaran 2017/2018)
15. Ida Norsa’idah (Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) dengan Media Komik Strip untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Plumpang Tahun Pelajaran 2017/2018)
16. Yusi Afrilianita Lailiyah (Penerapan Metode Problem Based Learning (PBL) dengan Media Lukisan Alam untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII SMP Al-Amin Paciran Lamongan Tahun Pelajaran 2017/2018)
17. Rudik Hartono (Humanitas dalam Tradisi Lisan Sandur Dusun Randu Pokak Desa Perunggahan Kulon Kabupaten Tuban sebagai Media Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal)
18. Dirda Achmad Suryawan (Implikatur dalam Tindak Tutur Pada Vlog Raditya Dika (Kajian Prakmatik))
19. Ana Faizatus Saidah (Analisis Sikap dan Kepribadian Tokoh dalam Novel Assalamu’alaikum Beijing karya Asma Nadia)
20. Mita Ulatin (Analisis Strukturalisme dan Konflik Batin Tokoh dalam Novel Tarian Bumi karya Oka Rusmini)
21. Renita Nora Lukiningtyas (Konstruksi Nilai Budaya Jawa pada Novel Pasar karya Kuntowijoyo: Antropologi Sastra)
22. Tri Wulan Noviyanti (Kajian Feminisme Liberal dalam Novel Maria Zaitun Karya Joko Santosa (Adaptasi “Nyanyian Angsa” Oleh W.S Rendra))
23. Candra Andri Anto (Analisis Psikologi Tokoh dalam Novel Bintang karya Tere Liye)
24. Trisnis Muntafi’ah (Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Persuasif dengan Media Audiovisual melalui Metode SAVI Pada Siswa Kelas VIII MTs Manba’ul Huda Tahun Pelajaran 2017/2018)
25. Qoirotun Nisa (Penerapan Model Project Based Learning dengan Teknik Guided Note Taking dalam Pembelajaran Teks Ceramah pada Siswa Kelas XI Semester 2 SMA Negeri Tambakboyo Tahun Pelajaran 2017/2018)
26. M. Bagus Sulistiyanto (Penerapan Metode Problem Solving dengan Media Audiovisual untuk Mengetahui Keterampilan Debat pada Siswa Kelas X Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri Widang Tahun Pelajaran 2017/2018).

*Pengirim merupakan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FSIP Unirow. Sekaligus aktif menulis di Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Waskita Unirow Tuban.

Tag : unirow

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 21 April 2019 08:00

    Warisan Sejarah di Bumi Wali

    Warisan Sejarah di Bumi Wali Di Tuban banyak sekali wahana wisata yang memang sudah menjadi tujuan para wisatwan domestik maupun non domestik. Namun, sebenarnya bagaimana sih sejarah wisata yang ada di ujung barat Provinsi Jawa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more