Masih di Jaringan 3G? Upragade SIM Card ke Galeri Saja

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com-‎ Subscriber Identity Module (SIM) atau sering disebut sebagai kartu SIM yang digunakan untuk berkomunikasi dengan media ponsel telah lama digunakan para costumer umum. Tak dipungkiri lagi, sejak 1 dekade lebih terdapat banyak SIM Card yang beredar digunakan. Namun begitu, masing-masing provider memiliki tingkat kekuatan jaringan tersendiri dari masa ke masa.

Jaringan seluler yang beredar luas ‎di Indonesia pada umumnya sudah banyak menggunakan teknologi berkualitas. Dari urutan teratas sementara ini, jaringan Fourt-Generation Technology (4G) sebagai sistem yang terbaik diantara jaringan dibawahnya, yakni; Third-Generation Technology (3G), Universal Mobile Telecommunicatioms System (UMTS), High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA), hingga Enhanced Data for Global Evolution (EDGE).

Dari berbagai jaringan yang ada, terdapat karakter jenis dan model SIM yang turut support dalam penggunaan. Beberapa provider senior, misalnya Indosat dan Telkomsel pun telah mendominasi pemakaian. Namun, tak sedikit pengguna kartu-kartu tersebut masih berada dalam jaringan maksimal, yang berarti dibawah 4G. Keadaan itu disebabkan oleh 2 faktor umum, entah itu dari jenis kartu yang belum mendukung sistem maupun perangkat ponsel yang juga belum menyematkan teknologi 4G.

Bagaimana jika Handphone sudah mendukung, tapi kartu SIM masih berada dalam jaringan 3G‎? Jelasnya tak perlu khawatir, sebab terdapat cara mudah untuk upgrade jaringan anda. Kostumer dari berbagai provider bisa meningkatkan kemampuan jaringan terbaik saat ini, dengan cara meembawa SIM Card pada Galeri ataupun Gerai provider terdekat masing-masing.

"Cukup bawa Kartu Tanda Pengenal (KTP) dan SIM Card lama, kemudian bisa diupgrade jaringan ke 4G," ujar salah satu Costumer Service ‎Provider yang ada di Jl. Sunan Kalijogoi No. 3, Latsari Kecamatan/Kabupaten Tuban, Tantri kepada blokTuban.com, Selasa (21/8/2018).

Ditambahkannya, diperlukan sedikit aturan supaya bisa meningkatkan jaringan yang mulanya 3G ke 4G, seperti registrasi (jika belum) dengan menyertakan KTP untuk validitas data‎, kemudian memberikan chip lama kepada Costumer Service untuk ditukar dengan chip jenis baru. Tak perlu menunggu waktu sampai 5 menit, kartu SIM sudah bisa digunakan pada jaringan 4G.

"Kartu lama diganti dengan chip yang baru. Bisa diaktifkan setelah 2 jam, dan kartu sudah bisa on 4G," katanya dengan ramah.

Selain itu, pada provider lain juga bisa dilakukan dengan cara yang hampir sama. Pengguna kartu dengan jaringa 3G bisa upgrade sistem 4G ke Galeri maupun ‎Gerai kartu provider terdekat yang ada di wilayahnya. [feb/col]