59 Kimsin Dikirab Keliling Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sebanyak 59 Kimsin/Dewa-Dewi dari berbagai Klenteng atau Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) se-Indonesia, mengikuti Kirab Akbar keliling Kabupaten Tuban, Minggu (5/8/2018).

Kirab Kimsin tersebut merupakan rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) Yang Mulia Kongco Kwan Sing Tee Koen ke-1858 tahun, yang diselenggarakan oleh pengurus TITD Kwan Sing Bio Tuban.

Ketua Penilik TITD Kwan Sing Bio Tuban, Liem Tjeng Gie alias Alim Sugiantoro mengatakan, kirab keliling Kimsin/Dewa-Dewi ini adalah rangkaian HUT Kongco Kwan Sing Tee Koen. Sebelum kirab dimulai, beberapa rangkaian acara lainya telah dilaksanakan, termasuk ritual berdoa bersama.

"Ada 59 Kimsin yang dikirab keliling Tuban," ujar Liem Tjeng Gie saat dikonfirmasi blokTuban.com.

Menurutnya, pada HUT Yang Mulia Kongco Kwan Sing Tee Koen tahun ini, antusiasme masyarakat sangat luar biasa. Begitu juga Kimsin yang dikirab keliling datang dari berbagai TITD di Indonesia.

"Kimsin paling jauh dari Kalimantan dan Sulawesi dan dari Jakarta juga ada," tambahnya.

Selanjutnya untuk rute kirab Kimsin sendiri, Liem menambahkan, mulai dari TITD Kwan Sing Bio Jalan RE Martadinata, Jalan Panglima Sudirman, Patimura, Basuki Rahmat, Diponegoro lalu kembali lagi ke TITD Kwan Sing Bio. [hud/rom]