12:00 . Bupati Resmikan Pasar Rakyat di Kenduruan   |   11:00 . 1.500 Kader NU Apel Siaga Pilkada Damai   |   09:00 . Kebakaran Kios Kopi di Semanding Berawal dari Sebotol Bensin   |   07:00 . 6 Cara Sederhana Mencegah Anak Stres karena PJJ   |   19:00 . Musim Penghujan, Harga Cabai Meroket   |   16:00 . Kesetrum, Warga Guwoterus Jatuh dari Pohon   |   15:00 . Penerimaan PBB-P2 2020 Lampui Target   |   14:00 . DIPA Tuban 2021 Sebesar Rp303 Miliar, TKDD Rp1,6 Triliun   |   13:00 . Kapolres Sebut Pria Meningalnya Tanpa Busana di Hotel Tuban Punya Riwayat Sakit Jantung   |   12:00 . Lapas Tuban Dikunjungi TPN Kemenpan RB   |   11:00 . Apel Pengamanan Pilkada, Polres dan Kodim Tuban Kerahkan Hampir 1000 Personel   |   08:00 . Mengintip Kerajinan Pelapah Pisang   |   07:00 . Membangun "Chemistry" Kuat dengan Percakapan Sederhana   |   19:00 . Begini Harapan Kades, Setelah Ganjar Pranowo Datangi Makam Sunan Bejagung   |   18:00 . Tingkatkan Pelayanan di Mapolres, Kapolres Operasionalkan Golf Car   |  
Wed, 02 December 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 27 July 2018 12:00

Perkuat Kebersamaan Warga Kendalrejo Melalui Sedekah Bumi?

Perkuat Kebersamaan Warga Kendalrejo Melalui Sedekah Bumi?

Reporter: M. Anang Febri

b‎lokTuban.com -‎ Terdapat banyak macam cara ‎untuk membuat sekelompok masyarakat ataupun warga desa menjadi kompak, gotong royong dalam perihal serta laku positif dalam kehidupan bermasyarakat. Untuk merealisasikan hal tersebut, bisa dilakukan melalui sebuah kegiatan, termasuk juga melalui media kebudayaan dan sedekah bumi.

Adalah Desa Kendalrejo, Kecamatan Soko yang mana masyarakatnya bisa digerakkan dengan unsur budaya dan tradisi. Wilayah yang berada di ujung selatan Kabupaten Tuban itu tetap mempertahankan warisan leluhur, dengan sedekah bumi dan pagelaran seni budaya untuk mempersatukan masyarakat.

"Semuanya dilakukan dari desa untuk desa.‎ Seperti sedekah bumi dan pertunjukan seni kemarin, setiap tahun kita adakan dengan tujuan supaya masyarakat bisa lebih kompak dan gotong royong untuk kebersamaan desa," buka Kepala Desa (Kades) Kendalrejo, Moh. Sihabuddin saat berada di kantor balai desa setempat, Jumat (27/7/2018).

Puluhan tahun, jauh sebelum kemerdekaan bangsa Indonesia, masyarakat yang bermukim di tanah moyang Kendalrejo setahun sekali pasti menggelar sedekah bumi berikut pagelaran seni. Baik kesenian wayang, karawitan, maupun langen tayub.

Menurutnya, cara meningkatkan pembangunan sebua‎h desa bisa diawali dengan menggerakkan seluruh lapisan masyarakat, dengan memperkuat hubungan baik antara pejabat desa, pemuda dan warga demi satu tujuan, yakni terus menjadi lebih baik. Seperti visi-misi desa 'bersama kita kuat, bersama kita ‎mampu, bersama kita membangun Kendalrejo lebih baik‎'.

"Jika hiburan, masyarakat ingin pengajian kita turuti. Sebagian lagi ingin hiburan tradisi juga kita adakan. Kalau hiburan-hiburan seperti itu bisa sampai pagi dini hari," tambahnya.

Selain itu, Pemdes juga memiliki tradisi ‎lain yang pokok tujuannya mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan. Setiap tanggalan Jawa, yakni malam Selasa Kliwon, seluruh masyarakat desa berbondong mengikuti Istighosah yang dipusatkan di Balai Desa Kendalrejo.

Perangkat desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda, dan warga dari bidang latar belakang ‎yang beda berkumpul jadi satu untuk membahas kelangsungan desa. Semua persoalan, masalah ataupun usulan dipaparkan dan dijawab sesuai bidang keahlian masing-masing.

"Selain melestarikan budaya, kesenian tradisional juga bisa mengenalkan lagi generasi muda terhadap ‎kebudayaan asli kita. Lewat hal itu, gotong royong, kebersamaan, kekompakkan, dapat terjalin erat antar semua," pungkasnya kepada blokTuban.com. [feb/ito]‎

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Sedekah bumi, kendalrejo, soko



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 26 November 2020 14:00

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan Keluarga besar Blok Media Group (BMG). Personil dari Blok Multimedia (anak perusahaan BMG), M. Tholibin resmi melepas masa lajangnya setelah menyunting pujaan hatinya, Siti Muza'roah....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more