Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎ Banyaknya event perlombaan pencak silat yang dihelat mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi daerah, Nasional, hingga kejuaraan terbuka lingkup Internasional, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Cabang Tuban selalu mendukung segala kegiatan positif tersebut untuk perguruan maupun para atlet wilayah Tuban yang turut serta di dalamya.

Hal tersebut dipaparkan oleh Ketua IPSI C‎abang Tuban, Faisol Rozi. Selain fungsi olahraga dan bela diri, Pencak Silat masa kini banyak menoreh prestasi gemilang di berbagai tingkatan. Tak terkecuali juga para atlet muda yang berada di Bumi Wali, sebutan lain kota Tuban, yang terus menunjukkan eksistensi prestasi di arena gelanggang pertarungan.

"Kita dari IPSI Tuban sendiri sangat menganjurkan supaya semua perguruan dan‎ atlet lokal bisa mengikuti kejuaraan yang ada," ungkap H. Faisol Rozi kepada blokTuban.com, Selasa (17/7/2018).

Lebih lanjut, Kejuaraan-kejuaraan pencak silat mulai dari lingkup perguruan, Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab), Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), hingga jenjang Kejuaraan Nasional (Kejurnas), pihaknya mempersilakan pegiat silat untuk mencatat hasil terbaik dari kejuaraan yang diikuti.

"Setiap kejuaraan punya ketentuan tersendiri, baik itu tingkat daerah hingga Nasional. Dari hal itu, kita selalu dukung dan memberi yang terbaik agar Pesilat turut andil," pungkasnya yang berada dalam perjalanan menuju kota Sidoarjo.

‎Seperti diketahui, telah banyak event kejuaraan Pencak Silat yang yang beredar melalui poster, pamflet, maupun informasi media digital umum. Sebab itu, kiranya perguruan silat maupun atlet berbakat bisa menunjukkan skill dalam sebuah pertandingan mulia, yakni gelanggang. [feb/ito]