BPJS Ketenagakerjaan Jalin MoU Dengan Pemdes Karanglo

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bertempat di Balai Desa Karanglo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Badan Pelaksana Jaminan Kesehatan (BPJS) Cabang Bojonegoro melakukan penanandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Desa (Pemdes) setempat.

Penandatanganan MoU tersebut terkait dengan ditunjuknya Desa Karanglo, Kecamatan Kerek menjadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Tahun 2018 di Kabupaten Tuban.

"Penandatanganan MoU Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini merupakan keberhasilan Pemdes Karanglo menjadikan masyarakatnya sadar akan jaminan sosial ketenagakerjaan," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Bojonenegoro, Budi Santoso, Senin (9/7/2018).

Menurut Budi, beberapa hari lalu secara nasional telah dilauncing desa sadar jaminal sosial ketenagakerjaan tahun 2018. Dan untuk di Kabupaten Tuban ditunjuklah Desa Karanglo untuk mewakili Bumi Wali di kompetisi desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan ditingkat nasional.

"Diharapkan Desa Karanglo ini nantinya menjadi juara tingkat nasional desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan 2018," ujar Budi.

Selanjutnya, mengapa yang ditunjuk untuk mewakili Kabupaten Tuban ditingkat nasional, karena Desa Karanglo ini sektor-sektor usahanya jalan, seperti halnya Bumdes serta usaha yang lainya, selain itu semua perangkatnya telah terdaftar BPJS Ketenagakerjaan.

"Baik Desa Karanglo dan Kecamatan Kerek semua perangkatnya sudah terdaftar BPJS Ketenagakerjaan, semoga yang lainya cepat menyusul," harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Karanglo, Sunandar menyampaikan banyak terima kasih, karena ini juga menjadi salah satu program tambahan desa terkait dengan jaminan keselamatan kerja bagi perangkat, kelembagaan di desa maupun masyarakat Desa Karanglo.

"Target kami yang ikut BPJS Ketenagakerjaan di Desa Karanglo minimal 50 persen dari jumlah KK, sementara untuk saat ini perangkat desa, kelembagaan desa serta sebagian masyarakat sudah" ujarnya.

Diketahui, dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan orogram Penggerak Jaminan Sosial Nasional (Perisai) yang turut di hadiri Kepala Perintis BPJS Ketenagakerjaan Tuban, Dispemas, Sekcam, serta perangkat desa se-Kecamatan Kerek.[hud/ito]