Dari 15 Ribu, Hanya 10 Ribu Santri Lulus Munaqosah 2018

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Tahun 2018 ini, belasan ribu santri Taman Pendidikan Quran (TPQ) di belahan wilayah Kabupaten Tuban, Jawa Timur telah menjalani Munaqosah (ujian pendadaran). Evaluasi akhir di dunia pendidikan Alqur'an itu berlangsung selama 11 hari, apabila mereka lulus akan mendapatkan syahadah (tanda lulus).

Dari data terbaru yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, sebanyak 15.246 santri TPQ di Tuban telah mengikuti Munaqosah. Dari situ, jumlah santri yang dinyatakan lulus sebanyak 10.236 anak.

"Yang tidak lulus 23 persennya atau sekitar 5.010," tulis Bupati Tuban di poin materi sambutan pada kegiatan safari ramadan tilik desa beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kementerian Agama (Kemenag) Kantor Tuban, Siti Maulidiah kepada blokTuban.com mengungkapkan, dengan adanya Munaqosah yang ditangani LPTQ Tuban, diharapkan tidak ada lagi anak-anak muslim di Tuban yang buta baca Alqur'an.

"Semoga membuat anak-anak kita lebih giat lagi mengaji dan mempelajari Al qur'an," ungkap Siti Maulidiah beberapa waktu lalu.

Selain itu, lanjut wanita ramah itu, dengan adanya munaqosah kelulusan di masyarakat yang membutuhkan syahadah TPQ bisa teratasi. Sebab, saat ini sebagai salah satu syarat masuk jenjang SMP, siswa muslim harus bersyahadah TPQ.

"Namun yang paling penting, dengan semangat Munaqosah TPQ ini bisa membumikan Alquran di Bumi Wali," tukasnya.

Sedikit duketahui, di tahun 2017 lalu, merupakan awal penerapan peraturan yang mensyaratkan masuk SMP harus terlampir keterangan lulus TPQ. Hal tersebut muncul lantaran ditetapkannya Perda nomor 6 tahun 2016 tentan Pendidikan Karakter dan Akhlak Mulia. [rof/rom]