8 Tips Merayakan Lebaran dengan Sehat

blokTuban.com - Setelah sehat melewati sebulan penuh dengan berpuasa, sudah menjadi tradisi untuk umat muslim untuk merayakan Idul Fitri. Insyallah Jumat (15/6/2018) besok Lebaran tiba. Di Indonesia, Lebaran identik dengan menyantap hidangan lezat bersama sanak keluarga.

Dengan berbagai macam hidangan lezat yang disuguhkan oleh sanak saudara kita tentu membuat kita sering lepas kendali. Sangatlah mudah untuk mencoba semua jenis makanan dan berakhir kekenyangan.

Semua petualangan kuliner tersebut pun tidak baik untuk kesehatan dan lingkar perut. Tapi di satu sisi, sanak saudara tentu “memaksa” kita untuk menyantap semua hidangan yang telah disuguhkan. Jadi gimana dong?

Menu khas Lebaran yang bervariasi dan lezat seringkali membuat kita menyantapnya secara berlebihan.

Berikut ini beberapa tips bagaimana merayakan Lebaran dengan sehat. Anda bisa tetap melanjutkan icip – icip makanan lezat saat Lebaran, tanpa khawatir membuat baju Lebaran baru Anda tiba – tiba sesak keesokan harinya.

Hindari Minuman Manis
Buatlah alasan dan mintalah air putih saja. Tuan rumah mungkin merasa tidak enak dan memaksamu untuk meminum sajian yang lebih spesial seperti es buah atau sirup.
Tapi demi kebaikanmu sendiri, lebih baik menolak dengan sopan. Cobalah menggunakan sakit tenggorokan sebagai alasan.

Makan Setengah Porsi
Lebaran biasanya identik dengan berkunjung ke beberapa anggota keluarga dalam satu hari. Di setiap kunjungan, cukup mengambil satu sendok nasi, sepotong lauk favoritmu, dan makan satu atau dua kue paling enak.

Mengunyah Pelan Pelan
Dengan mengunyah pelan – pelan kamu memberikan waktu untuk perutmu berkata ke otak bahwa ada cukup makanan untuk dikonsumsi. Gunakan waktu saat makan untuk berbincang dengan saudaramu. Perut kenyang silaturahmi juga terjaga deh.

Naik Tangga
Terkadang kita mampir ke pusat perbelanjaan sesaat setelah mengunjungi sanak saudara. Sebisanya saat mengelilingi pusat perbelanjaan, gunakalan tangga untuk naik ke lantai yang lebih tinggi. Kita perlu membakar kalori yang kita konsumsi tanpa perlu berkeringat hingga merusak dandanan kita.

Jangan Terlalu Banyak Makan Kue
Cukup konsumsi sekitar satu atau dua potong saja di setiap rumah. Jika bisa mintalah buah sebagai penggantinya. Konsumsi buah yang mengandung banyak air dan serat seperti semangka (kalau ada).

Bantu Saudaramu Untuk Mencuci Piring
Ambil semua gelas dan piring setelah selesai menyantap makanan utama, dan tawarkan dirimu untuk membantu mencuci piring dan gelas tersebut. Ini bertujuan agar kamu terus bergerak sehingga membakar kalori yang berlebih.Selain itu kamu juga akan terlihat bagus di depan saudaramu.

Bawalah Botol Minuman
Selain bisa membantumu memenuhi kebutuhan akan airmu, membawa botol minuman juga berperan sebagai “latihan angkat beban”.

Ikuti pesan Rasulullah SAW : “Makanlah kamu ketika lapar dan berhentilah makan sebelum kenyang.”

Begitulah tips – tips menyantap hidangan saat lebaran dengan sehat. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kondisi tubuhmu. Jika kamu merasa terlalu kelelahan luangkanlah waktumu untuk beristirahat sejenak.

8 Tips di atas merupakan tips yang mudah dipraktikan dalam kehidupan sehari – hari. Semoga dengan mengikuti tips di atas, Lebaran tahun ini selain bisa dijalani dengan bahagia, juga menyehatkan.

Tidak perlu lagi khawatir akan penyakit – penyakit yang sering mengintai pasca menyantap hidangan lezat saat perayaan lebaran. Jangan lupa, Lebaran dengan sehat dan bahagia itu adalah pilihan.[*]

 

*sumber : http://www.diarysehat.info/merayakan-lebaran-dengan-sehat