Kompak, Empat Organisasi Kepemudaan Gelar Festival Tongklek

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎ Para pemuda yang berkegiatan positif menjadi kebanggaan bagi masyarakatnya. Banyak upaya yang dibuat untuk menjadikan pemuda-pemuda daerah semakin rukun dan kompak. Tanpa ada pembeda, dengan tujuan membangun desa lebih maju.

Salah satu upaya itu, dibuktikan oleh pemuda Desa Kendalrejo, Kecamatan Soko. Empat organisasi kepemudaan di desa ini, yakni Karang Taruna (Kartar) Binatra, Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor, PR Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan PR Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) bersama menggelar festival Tongklok Jumat (8/6/2018) malam.

Kegiatan ini diikuti puluhan grup tongklek. Tak tanggung-tanggung, tercatat ada 3 wilayah kecamatan yang hadir, yakni Kecamatan Plumpang, Rengel, beserta Kecamatan Soko sendiri.

Dengan memainkan alat-alat tongklek, seperti kentongan dan alat musik tradisional nonelektrik mereka cukup menghibur. Kegiatan itu bertujuan untuk melestarikan budaya. Panitia mewajibkan setiap peserta memainkan lagu  Syubbanul Watton sebagai lagu wajib pada start.

Salah seorang panitia festival dari perwakilan Kartar Binatra, M. Taqim‎ mengatakan, kerjasama antarempat organisasi kepemudaan di desanya itu sengaja diagendakan demi menepis anggapan bahwa pemuda hanya sering membuat kegiatan hari ‎besar nasional maupun kegiatan bulan Agustus saja.

"Acara yang dibuat empat elemen organisai pemuda ini bermaksud untuk menyatukan pemuda, supaya terus bekerjasama ‎dan saling kompak," ujar Taqim yang juga sebagai Ketua Kartar Binatra Kedalrejo itu.

Pihaknya juga berharap agar kegiatan positif semacam itu bisa terus diadakan, demi menjunjung tinggi solidaritas pemuda dalam lingkup sosial.

‎"Pertama kali kita buat acara seperti ini. Kemungkinan, setelah ini akan menjadi program rutin. Kita juga akan agendakan untuk takbir keliling‎ usai Ramadan nanti," tambahnya.

Hadiah untuk para pemenang, berupa uang tunai total jutaan rupiah, sertifikat, dan tropi. Juara 1 adalah grup Laras Kangen Maibit, juara 2 Setyo Laras  dan Juara 3 diraih Mulyo Kangen. [feb/ono]