Sekolah Harus Pastikan UNBK Lancar

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban menilai persiapan sekolah dalam menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMA dan MA sudah bagus. Namun, Dewan Pendidikan minta sekolah penyelenggara UNBK memastikan pelaksanaan ujian lancar sampai akhir. 

''Karena itu, semua antisipasi harus dilakukan. Misalnya genset untuk mengantisipasi listrik padam. Juga fasilitas pendukung lainnya,'' ujar Koordinator Tim Monev 2 Dewan Pendidikan Ratna Handayani Selasa (10/4/2018). 

Dia mengatakan, pada pelaksanaan UNBK hari pertama semua sekolah yang didatangi sudah menunjukkan kesiapannya. Misalnya SMAN 1, SMAN 2, SMAN 5 juga MAN Tuban. Semua sekolah itu sudah mengantisipasi banyak hal jika kondisi darurat datang.

 Semua sekolah, kata dia, sudah menyediakan genset dan perangkat lain. Namun, dari beberapa sekolah, dia melihat masih ada penataan ruangan yang menurutnya kurang sesuai. Misalnya untuk ruang ujian yang tanpa AC, ruangan dibuat tertutup. Jendela tidak dibuka. Sehingga di dalam terkesan pengap. 

''Kami tahu maksudnya baik agar siswa tidak tergganggu. Namun, suasananya menjadi kurang nyaman. Kemarin sudah saya sampaikan ke pihak sekolah untuk menata agar siswa juga nyaman,'' katanya. 

Secara umum, perempuan yang juga dokter gigi ini menilai pelaksanaan UNBK bagus. Dia berharap, pelaksanaan lancar sampai akhir, hasil UNBK juga bagus. Sebab, hasil UNBK ini bisa menunjukkan kemampuan siswa. 

''UNBK jauh lebih fair dan jujur, sehingga bisa kita lihat kemampuan tiap siswa. Kami berharap prestasi anak-anak juga bagus,'' harapnya.[hud/ono]