Polres Bersalawat Bersama 3 Pilar Kecamatan Rayon 3

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Dalam rangka safari keliling, menuju Pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) damai 2018, Kepolisian Resor (Polres) Tuban mengadakan salawat dan ngaji bareng bersama 3 pilar kecamatan Rayon 3, meliputi Kecamatan Rengel, Grabagan, Plumpang, Widang, dan Kecamatan Soko.

Protokol sinergitas 3 Pilar yang berpusat di Lapangan Bahagia Desa Sumberejo, Kecamatan Rengel itu merupakan wujud dari pada jalinan tali silaturahmi antar semua lingkup masyarakat umum beserta Babinkamtibmas lima kecamatan di Tuban selatan, yang beberapa waktu lalu juga telah dilaksanakan di Tuban dan Jumat (23/3/2018) di Rengel, serta 6 April nanti akan diselenggarakan juga di Tambakboyo.

Ribuan warga yang datang dari sekitar Rengel serta pegiat salawat dari berbagai wilayah kecamatan tampak antusias. Mereka berbondong mengikuti giat safari Polres Tuban dengan kemasan salawat.

Nampak juga beberapa anggota personil dari Polisi Wanita (Polwan) Polres Tuban, yang memainkan berbagai alat musik khas hadrah beserta alunan indah salawat-salawatnya untuk mengisi kegiatan pra acara.

"Silaturrahmi dapat dinilai ibadah. Sedangkan salawat merupakan salah satu cara agar terbukanya jalan doa kepada Allah. Saya pribadi selalu mengingatkan kepada semua jajaran anggota Polres Tuban untuk selalu membaca salawat. Seperti tadi, anggota Polwan juga punya kelompok musik Islami," ujar Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tuban, AKBP Sutrisno saat sambutannya kepada ribuan masyarakat yang hadir.

Menurutnya, safari keliling bertajuk salawat dan ngaji bareng dengan penceramah Habib Alwi bin Ahmad Assegaf berfungsi untuk menjalin kerukunan, agar situasi dan keadaan pemilu nanti tetap kondusif. Menjaga stabilitas keamanan, serta tak mudah terprovokasi dengan kabar hoax.

"Jangan karena beda pilihan, kerukunan dan persaudaraan terputus. Jangan sampai adanya perbedaan pendapat, nantinya akan memecah belah tali silaturahmi. Dan terakhir, pesan saya adalah jangan percaya Hoax, telusuri dulu kebenarannya. Karena mendapat dosa zaman now adalah sangat mudah," pesan Kapolres Tuban kepada masyarakat.

Sementara itu, Kyai Damanhuri selaku Ketua Panitia mengucapkan banyak terimakasih kepada segenap jajaran Polres Tuban, Muspika Kecamatan Rengel, Grabagan, Plumpang, Widang, Soko yang telah hadir dalam kesempatan mulai itu, serta Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Rengel, beserta Banom MWCNU Rengel yang turut melancarkan jalannya acara.

"Saya ucapkan banyak terimakasih kepada semua yang hadir di sini, tak terkecuali. Semoga acara kali ini bisa semakin memperkiat silaturahmi," ungkap Kyai Damanhuri yang juga sebagai ketua MWC NU Rengel.

Usai sambutan dilakukan, nada dan alunan salawat pun mulai ditembangkan oleh Ahbaaburrosul Rengel. Ribuan warga di Lapangan Bahagia juga turut suka cita bersalawat bersama. Bahkan, banyak diantara mereka juga membawa beragam bendera, mulai bendera plastik merah putih, bendera berwarna hijau simbol NU, dan berbagai bendera besar bertuliskan Syeikher Mania yang dikibaskan ke kanan-kiri sebagai bentuk semangat bersalawat. [feb/rom]