16:00 . Setelah Lama Mati Suri, Hari Ini Pepadi Bangkit Kembali   |   15:00 . Sergab, Bulog Terima 70 Ton beras dari Petani   |   14:00 . Vendor Gathering, BPJS Sosialisasikan Program   |   13:00 . Bupati Fathul Huda Minta Pers Tetap Kritis   |   12:00 . Penjual Minuman Beralkohol di 3 Kecamatan Diminta Urus Ijin   |   10:00 . Duh...! Penjual Sate Simpan Arak Dalam Termos Nasi   |   09:00 . Turnamen Futsal Antar Instansi Meriahkan Puncak HPN PWI Tuban   |   08:00 . Pertamina EP Raih Best of The Best APQ Awards 2019   |   07:00 . Dua Alasan Kenapa Kita Suka Menunda-Nunda (dan Solusinya)   |   21:00 . Semen Indonesia Mulai Gelar Bimbingan Manasik Haji di Tuban   |   17:00 . Kodim 0811 Tuban Matangkan Persiapan Penutupan TMMD   |   16:00 . Hari Perdana UNBK, Siswa SMK Mengaku Grogi   |   15:00 . ULAR SANCA KEMBANG TERTANGKAP WARGA BANGILAN   |   14:00 . Surat Suara Pemilu 2019 Sudah Terpenuhi, Ini Jumlahnya   |   13:00 . Tuban Targetkan 840 Sekolah Ramah Anak di 2019   |  
Tue, 26 March 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 03 March 2018 09:00

11 Mahasiswa Unirow Ikut Pelatihan GKN 

11 Mahasiswa Unirow Ikut Pelatihan GKN 

Pengirim: Fitriyah Ayu Puspitasari

blokTuban.com - Sebanyak 11 mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, Jawa Timur mengikuti pelatihan Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) yang digelar oleh Dinas Koperasi dan UMKM Pemerintah provinsi Jawa Timur (Jatim) di Surabaya sejak hari Selasa (27/2/2018) kemarin. Unirow menjadi salah satu kampus dari 17 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berkesempatan terlibat.

"Mahasiswa yang boleh mengikuti GKN dari semester 2 sampai 6, untuk semester 8 tidak diperkenankan karena sudah skripsi," ujar Wakil Rektor (Warek) II, Dumiyati Sasongko, saat dikonfirmasi usai dari Surabaya pada hari Jumat (2/3/2018) kemarin.

Bu Dum sapaan akrabnya menjelaskan, keikutsertaan pelatihan ini bukan tanpa alasan. Mahasiswa tersebut nantinya akan dilatih dan dikembangkan kemampuan berwirausahanya, sehingga mampu membuka lapangan pekerjaan sendiri.

Jika memungkinkan nanti akan diberi dana hibah maksimal Rp13 juta, dan dibantu hak paten. Dosen yang mengampu mata kuliah ekonomi itu menegaskan, Unirow tahun lalu juga sudah mengirim mahasiswanya dan 4 lolos seleksi GKN. 

"Hal ini bukti bahwa kita mampu bersaing dengan PTN," tegasnya. 

Pada tahun ini, terdapat 17 PTN dan PTS yang mengikuti GKN. Unirow Tuban mendapat kuota sebanyak 11 mahasiswa untuk mengikuti pelatihan. Dari 200 kuota yang disediakan Dinas Koperasi dan UMKM, nantinya masih akan dipangkas menjadi 100 mahasiswa dalam seleksinya. 

"Untuk pendaftaran akan ditutup tanggal 2 Maret 2018 sesuai surat edaran yang sudah tersebar di mahasiswa," imbuh wanita berkacamata itu. 

Kementrian Koperasi besok tanggal 6 Maret 2018 akan mengundang seluruh rektor dari 17 PTN, dan PTS yang akan menandatangani nota kesepahaman bersama dengan tema Gerakan Mahasiswa Pengusaha di Bali. Selaras dengan dilatihnya mahasiswa yang lolos seleksi dari masing PT di Surabaya. 

"Jangan hanya menjadi Job Seekers, tetapi mahasiswa harus bisa menjadi Job Creators," pungkasnya. [ito]

*Penulis merupakan mahasiswi aktif di Prodi Ilmu Komunikasi FSIP, dan aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Unirow Tuban. 
 
 

Tag : unirow, tuban

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 March 2019 08:00

    Pondok Literasi

    Pondok Literasi Saat ini lagi gencar-gencarnya gerakan litersai. Di mana-mana ada komunitas baca, tadarus puisi dan dan bedah buku, yang arahnya untuk menumbuhkan cinta membaca. Baru sebagian kecil kegiatan di Kabupaten...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more