19:00 . Kerjasama Kartarcam Soko Bareng Forkopimka Cegah Bahaya Corona   |   18:00 . Anggaran Reses dan Kunker DPRD Dialihkan untuk Pencegahan Covid-19   |   17:00 . GM Pertamina EP Asset 4 Pastikan CPP Gundih Aman   |   16:00 . Bupati Tuban Alihkan Belanja Langsung Rp60 Miliar untuk Tangani Corona   |   15:00 . Zona Merah, Berkumpul Lebih dari Lima Orang Dibubarkan   |   14:00 . Keluarga Pasien Positif Corona Karantina Mandiri   |   10:00 . Begini Cara SIG Penuhi Banyaknya Permintaan Masker   |   09:00 . Zona Merah, Petugas Razia Warkop, Temukan Arak dan Suruh Pulang Pengunjung   |   08:00 . Hasil Tes Keluarga Pasien Positif Covid-19 Dinyatakan Negatif   |   07:00 . Haruskah Kita Berteman dengan Mantan? Begini Kata Ahli   |   21:00 . Pemkab Tetapkan, Tuban Darurat Covid-19   |   20:00 . Perhatikan Dampak Ekonomi, Wihadi Bagikan Sembako   |   18:00 . Satu Pasien Positif Corona Membaik, Kadinkes: Tiga Hari Lagi Pulang   |   17:00 . Tuban Zona Merah, Dua PDP Positif Covid-19   |   16:00 . Imbas Covid-19, Pembeli Daging Sapi Mayoritas Konsumen Rumah Tangga   |  
Fri, 10 April 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 03 March 2018 09:00

11 Mahasiswa Unirow Ikut Pelatihan GKN 

11 Mahasiswa Unirow Ikut Pelatihan GKN 

Pengirim: Fitriyah Ayu Puspitasari

blokTuban.com - Sebanyak 11 mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, Jawa Timur mengikuti pelatihan Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) yang digelar oleh Dinas Koperasi dan UMKM Pemerintah provinsi Jawa Timur (Jatim) di Surabaya sejak hari Selasa (27/2/2018) kemarin. Unirow menjadi salah satu kampus dari 17 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berkesempatan terlibat.

"Mahasiswa yang boleh mengikuti GKN dari semester 2 sampai 6, untuk semester 8 tidak diperkenankan karena sudah skripsi," ujar Wakil Rektor (Warek) II, Dumiyati Sasongko, saat dikonfirmasi usai dari Surabaya pada hari Jumat (2/3/2018) kemarin.

Bu Dum sapaan akrabnya menjelaskan, keikutsertaan pelatihan ini bukan tanpa alasan. Mahasiswa tersebut nantinya akan dilatih dan dikembangkan kemampuan berwirausahanya, sehingga mampu membuka lapangan pekerjaan sendiri.

Jika memungkinkan nanti akan diberi dana hibah maksimal Rp13 juta, dan dibantu hak paten. Dosen yang mengampu mata kuliah ekonomi itu menegaskan, Unirow tahun lalu juga sudah mengirim mahasiswanya dan 4 lolos seleksi GKN. 

"Hal ini bukti bahwa kita mampu bersaing dengan PTN," tegasnya. 

Pada tahun ini, terdapat 17 PTN dan PTS yang mengikuti GKN. Unirow Tuban mendapat kuota sebanyak 11 mahasiswa untuk mengikuti pelatihan. Dari 200 kuota yang disediakan Dinas Koperasi dan UMKM, nantinya masih akan dipangkas menjadi 100 mahasiswa dalam seleksinya. 

"Untuk pendaftaran akan ditutup tanggal 2 Maret 2018 sesuai surat edaran yang sudah tersebar di mahasiswa," imbuh wanita berkacamata itu. 

Kementrian Koperasi besok tanggal 6 Maret 2018 akan mengundang seluruh rektor dari 17 PTN, dan PTS yang akan menandatangani nota kesepahaman bersama dengan tema Gerakan Mahasiswa Pengusaha di Bali. Selaras dengan dilatihnya mahasiswa yang lolos seleksi dari masing PT di Surabaya. 

"Jangan hanya menjadi Job Seekers, tetapi mahasiswa harus bisa menjadi Job Creators," pungkasnya. [ito]

*Penulis merupakan mahasiswi aktif di Prodi Ilmu Komunikasi FSIP, dan aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Unirow Tuban. 
 
 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : unirow, tuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more