Luapan Bengawan Solo Rendam Ribuan Hektar Sawah di Tuban

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Luapan sungai Bengawan Solo menyebabkan empat kecamatan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur terendam banjir. Ribuan hektar sawah dan tanaman pun ikut terendam.

Empat kecamatan yang terdampak luapan banjir sungai terpanjang di pulau Jawa itu antara lain, Kecamatan Rengel, Soko, Widang dan Plumpang. Sawah yang paling luas tergenang air berada di Kecamatan Rengel.

"Sedang untuk Widang Alhamdulillah sudah panen," terang Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DP-KP) Tuban, Murtadji melalui keterangan tertulis yang diterima blokTuban.com, Minggu petang (25/2/2018).

Dari data sementara yang berhasil dihimpun wartawan media ini dari DP-KP Tuban menyebutkan, di Kecamatan Soko terdapat 140,5 hektar (ha) sawah yang tergenang. Sedangkan lahan tegal atau ladang seluas 13,25 hektar yang terendam.

Sementara di Kecamatan Rengel, sawah petani yang terendam air seluas 1.246 hektar. Sedangkan tanaman padi yang berusia 10 hingga 25 hari sejak tanam (hst) yang terendam seluas 549 hektar.

"Data tersebut dari berbagai sumber dan  bisa berubah-ubah menurut keadaan air," imbuh mantan Camat Bancar itu.

Masih kata Murtadji, dampak banjir Bengawan Solo di wilayah Kecamatan Plumpang menyasar Desa Kebomlati. Di daerah tersebut, terdapat tanaman padi seluas 5 hektar dan jagung 20 hektar yang terdampak. [rof/mu]