Hujan Deras, Beberapa Rumah di Kerek Tergenang Air

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Hujan deras sekitar 1 jam lebih yang melanda kawasan Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban menyebabkan rumah warga di Desa Margomulyo, kecamatan setempat sempat tergenang air, Senin (11/12/2017).

Menurut salah satu warga setempat, Muhtarom, hujan deras yang mengguyur kawasan Kecamatan Kerek tersebut sempat menggenangi rumah warga di Desa Margomulyo dengan ketinggian air sekitar 40-60 centimeter.

"Ada sekitar 100 atau sekitar 2 RT rumah warga di Desa Margomulyo yang tergenang air," ujar Muhtarom kepada blokTuban.com.

Terpisah, warga lain Genduk, menambahkan air banjir tersebut sempat menggenangi rumah warga, meski hal itu hanya hitungan beberapa jam air sudah surut.

"Setelah surut warga langsung membersihkan lumpur bekas banjir yang masuk dalam rumah," pungkas Genduk.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Joko Ludiono saat dilokasi mengungkapkan hujan deras di Kecamatan Kerek ini menyebabkan waduk Singkil meluber, di samping itu beberapa drainase tersumbat sampah sehingga terjadi banjir.

"Sementara ini dari laporan yang kami dapat, banjir di Kecamatan Kerek tidak sampai menggenangi pemukiman warga, namun beberapa akses jalan dan lahan pertanian terendam," ujar Joko.

Lebih lanjut, ia menghimbau kepada masyarakat agar juga berperan dalam kebersihan lingkungan serta tidak membuang sampah sembarangan yang bisa menyumbat drainase dan sungai.[hud/col]