Puluhan Petani di Bancar, Ikuti Parade Traktor

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sebanyak 70 orang petani, sekaligus operator traktor di Dusun Jahulu Desa Sumberan, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban mengikuti parade ketangkasan penggunaan traktor, Minggu (10/12/2017).

Parade traktor tersebut diselenggarakan dalam rangka semarak pertanian, yang  turut didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Sumberan, Kelompok Tani (Poktan) Sumber Tani serta Koramil 0811/12 Bancar.

Kepala Desa (Kades) Sumberan Hariono, memberikan apresiasi kepada Poktan Sumber Tani, dan berharap agar kegiatan seperti ini agar dilestarikan, dan kedepan bisa lebih baik dan perlu ditingkatkan lagi.

"Semoga program Swasembada pangan bisa terwujud. Dan parade ini dilestarikan sebagai tradisi petani Desa Sumberan," ujar Haryono.

Selain itu, kata Haryono parade traktor ini juga sekaligus sebagai tanda bahwa para petani telah memasuki musim tanam padi.

Sementara itu, Bati Bhakti TNI Koramil 0811/12 Pelda Sonhaji mengatakan, parade ini merupakan salah satu cara untuk memupuk kebersamaan dan gotong - royong antara petani bersama TNI, demi terwujudnya swasembada pangan.

Lanjut Sonhaji, dengan parade seperti ini para petani dapat lebih mengenal alat pertanian modern, seperti traktor ataupun alat yang terbaru dan yang lebih canggih untuk menanam.

"Dengan parade traktor, para petani bisa saling tukar pengalaman tentang pertanian," ujarnya.

Menurut, Ketua Poktan Dusun Jahulu, Desa Sumberan Suharno, semarak petanian atau perade traktor ini bertujuan untuk memupuk rasa gotong royong di wilayah Desa Sumberan, Kecamatan Bancar.

"Semoga warga Sumberan guyup rukun membagun desa, khususnya di bidang pertanian. Karena kebersamaan dan gotong royong ini sudah menjadi karakter petani Sumberan," pungkasnya.[hud/ito]