Tangkal Hoax, Pelajar dan Mahasiswa Dapat Sosialisasi

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Para pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Tuban mendapatkan sosialisasi internet sehas dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan Relawan TIK setempat. Dengan harapan, sosialisasi ini bisa menjadi edukasi pemanfaatan internet secara sehat dan benar, serta bisa menangkal penyebaran berita hoax di kalangan pelajar dan mahasiswa.

"Sosialisasi ini menyasar pelajar dan mahasiswa lantaran usia mereka merupakan usia rentan terpengaruh proses globalisasi, utamanya pengguna internet," ujar Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tuban, Hery Prasetyo di aula Dinas Pendidikan Tuban, Rabu (15/11/2017).

Di tempat yang sama, Ketua Relawan TIK Tuban, Afrizal Rizkillah menambahkan, pentingnya cerdas bermedia sosial di era digital. Ia mengajak kepada pelajar dan mahasiswa agar jeli dan teliti dalam pemanfaatan sosial media, sebab saat ini banyak yang menyalahgunakan sosial media untuk ujaran kebencian, adu domba dan sejenisnya.

“Padahal, kalau tidak hati-hati bisa terjerat UU tentang ITE yang berujung pidana," ungkap Afrizal mengingatkan.

Untuk itu, ia menegaskan agar pelajar dan mahasiswa tidak latah menerima informasi, jika belum tahu kebenarannya. "Gunakan internet secara positif dan manfaatkan untuk hal yang produktif," pungkasnya menandaskan.

Informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com, selain mendapat sosialisasi Internet Sehat, peserta juga mendapat sosialisasi Aplikasi Taprose Temanku yang dikeluarkan Pemkab Tuban. Kegiatan sosialisasi di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban itu diikuti oleh puluhan pelajar SMA/SMK dan mahasiswa. [rof/rom]