KPUD Seleksi Wawancara Jadi 5 Calon PPK

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Komisi pemilihan umum daerah (KPUD) Kabupaten Tuban telah melaksanakan tes wawancara bagi 10 calon anggota Panitia pemilihan kecamatan (PPK) di 20 kecamatan.

Tes dilakukan di kantor KPUD setempat selama dua hari. 10 calon yang menjalani tes wawancara selanjutnya akan diseleksi menjadi 5 anggota terpilih berdasarkan nilai tertinggi.

Ketua KPUD Kabupaten Tuban, Kasmuri, mengatakan tes wawancara telah dimulai sejak kemarin Kamis dan akan berakhir Jumat, karena waktunya adalah dua hari berturut.

"Sudah kemarin dilaksanakan, dan hari ini terakhir. Selanjutnya kita akan pilih 5 orang anggota PPK terpilih," ujar Kasmuri ditemui di kantornya Jl.Pramuka, Jumat (3/11/2017)

Dia menjelaskan, materi yang diujikan pada tes wawancara ini berkaitan dengan minat dan bakat, kepemiluan, kewilayahan. Selain itu, KPUD juga akan melakukan rekam jejak calon anggota PPK.

Sebab, dalam aturan menyebutkan, bahwa anggota PPK yang pernah menjabat dua kali periode kepemiluan tidak diperkenankan kembali menjabat sebagai anggota PPK.

"Kita akan lebih selektif sebelum nantinya menetapkan 5 anggota PPK terpilih," pungkasnya.

Usai melakukan tes wawancara, KPUD akan memberikan penilaian terhadap para calon anggota PPK. Penilaian diperlukan untuk memeras dari 10 orang menjadi 5 orang anggota terpilih.[nok/ito]

Teks foto: antrian tes wawancara PPK