Dinkes: Tuban Masih Aman dari Pil PCC

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Mencuatnya kabar Pil Paracetamol Caffeine Carisoprodol (PCC) yang dikonsumsi oleh beberapa pemuda di Kabupaten Kendari, Sulawesi Tenggara, hingga menyebabkan teler bahkan seperti orang gila membuat khawatir masyarakat daerah lain, khususnya masyarakat di Kabupaten Tuban.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Tuban, Endah Nurul K mengatakan, sampai saat ini pil PCC belum ditemukan di Kabupaten Tuban.

"Sampai saat ini Pil PCC belum ditemukan di kawasan Tuban, artinya Tuban masih aman," ungkap Endah Nurul K kepada blokTuban.com, Senin (18/9/2017).

Endah menambahkan, sebelum mencuatnya kabar PCC yang dikonsumsi bebas oleh pemuda di Kabupaten Kendari, Dinkes sudah rutin melakukan monev dan pembinaan-pembinaan di Puskesmas maupun di apotek-apotek.

"Ada 44 Apotek di Tuban dan kita selalu lakukan monev secara rutin. Dinkes juga akan perketat lagi pengawasan terhadap apotek dan juga Puskesmas untuk mencegah peredaran PCC itu," pungkasnya.

Menurutnya efek setelah mengkonsumsi Pil PCC tersebut akan menyebabkan orang yang mengkonsumsi sering berhalusinasi, kerusakan pada ginjal bahkan menimbulkan kematian.[hud/col]