EMCL Sosialisasikan Zona Keamanan dan Keselamatan FSO Gagak Rimang

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Operator Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, Exxon Mobil Cepu Limited (EMCL) Sosialisasi Zona Keamanan dan Keselamatan FSO Gagak Rimang Kepada nelayan Desa Glodok, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Dalam sosialisasi yang digelar di balai desa setempat tersebut, turut dihadiri oleh Pimpinan EMCL, Forpimka Kecamatan Palang, Ketua HSNI Tuban, Dinas Perikanan dan Kelautan Jatim, serta puluhan nelayan dari desa setempat.

Field External Affairs Manager EMCL, Dave A. Seta, dalam sosialisasi tersebut mengajak kepada para nelayan untuk terlibat bersama menjaga FSO Gagak Rimang yang menjadi objek vital Nasional di utara Palang tersebut.

"Mengingat FSO ini adalah objek vital nasional otomatis menjadi tanggungjawab kita bersama, oleh sebab itu mari kita jaga bersama," ujar Dave A. Seta, Rabu (6/9/2017).

Ia memaparkan kepada nelayan terkait jumlah produksi yang sudah lebih dari 200 ribu Barrel Per Hari (BPH). Otomatis pencapaian tersebut membuat produksi Banyuurip, menyumbang 26 persen dari produksi Nasional.

Sementara itu, Kepala Desa Glodok, Sujianto, mengapresiasi operator Lapangan Banyuurip yang telah mengingatkan nelayan soal keamanan dan keselamatan sekitar Gagak Rimang. Ia juga mengucapkan banyak terima kasih karena tahun lalu telah dibantu tambat labuh.

"Terima kasih atas kepedulianya dan program yang selama ini diberikan ke warga," ungkapnya.

Untuk menjaga keselamatan nelayan, Ketua HNSI Tuban, Faisol Rozi telah berkomunikasi dengan pihak Keamanan Laut Terpadu (Kamladu) bersama Pemkab Tuban.

Di samping itu, nelayan juga harus tahu, radius 500 meter dari fasilitas tersebut merupakan area terlarang. Di zona inilah semua jenis kapal tidak diperbolehkan melintas. "Pembagian zona ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.5 tahun 2010 tentang kenavigasian," jelasnya.

Diketahui, kapal FSO Gagak Rimang dapat menampung 1,7 juta barel minyak mentah yang dialirkan lewat pipa darat dan laut dari CPF. Ukuran kapal ini sekira 327 meter atau setara tiga kali panjang lapangan sepak bola.[hud/col]