PCNU Tuban Sikapi Kasus Rohingya

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Menanggapi kasus pembantaian yang dilakukan oleh tentara Myanmar, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tuban menyampaikan beberapa pernyataan dan himbauan.

Upaya tersebut dilakukan untuk memberikan dukungan dan solidaritas terhadap warga Rohingya yang mengalami kekerasan di negara bagian Rakhine, Myanmar.

"Melihat kondisi di Rohingya ada beberapa hal yang harus kita sikapi," ujar Katib Syuriah PCNU Tuban, Ahmad Syariful Wafa kepada blokTuban.com, Selasa (5/9/2017).

Kiai karismatik asal Jenu, Tuban itu memaparkan, agar warga Nahdliyyin Indonesia khususnya di Tuban, untuk mendukung penuh langkah diplomasi yang telah dilakukan Kemenlu untuk menyudahi tragedi kemanusiaan tersebut.

Di samping itu, PCNU Tuban juga menyerukan kepada semua pihak agar tidak terpengaruh berbagai issu SARA yang lagi sangat gencar dimanfaatkan oleh pihak yang suka memancing di air keruh. Ditambahkan dia, PCNU juga mengajak masyarakat berdoa kepada Allah semoga konflik yang sedang menimpa Suku Syan Rohingya bisa segera diatasi dengan sebaik-baiknya.

"Kita harus mendukung penuh langkah langkah semua pihak untuk membantu umat Islam dan para pengungsi rohingnya," imbuh kiai Wafa.

Selain itu pihaknya juga berharap warga NU ikut berperan aktif melakukan upaya penyelesaian damai sebagai langkah yang paling beradab. Untuk itu, dirinya menyerukan warga NU dan bangsa Indonesia untuk ikut membantu meringankan beban mereka.[rof/ito]

#Foto Dokumentasi blokTuban.com