Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Siswa SD Manjung Bagikan Zakat dengan Dipikul

bloktuban.com | Friday, 16 June 2017 21:00

Siswa SD Manjung Bagikan Zakat dengan Dipikul

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menjelang Lebaran, banyak hal unik yang dilakukan oleh masyarakat di perdesaan. Salah satunya di Desa Manjung, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

Di Desa yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Parengan tersebut, terdapat puluhan siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) berpakaian lengkap melakukan sesuatu hal yang jarang, bahkan tidak pernah dilakukan oleh anak-anak di perkotaan maupun di desa lain.

Puluhan siswa-siswi tersebut, membagikan Zakat Fitrah dengan cara memikulnya melintasi jalan raya yang tidak begitu ramai oleh pengendara saat jam istirahat.

Dari pantauan blokTuban.com, dengan seragam lengkap, mereka menggunakan kayu balok kecil sepanjang sekitar dua meter, untuk dua siswa memikul sebanyak lima sampai enam bungkus plastik zakat.

"Ini mau saya antarkan ke rumah pak RT, biar dibagikan ke keluarga miskin," ucap salah satu siswa kelas VI (enam) Ihul, Jumat (16/6/2017).

Siswa dengan seragam pramuka itu, mengatakan sudah setiap tahun melakukan hal seperti ini. Ia mengaku puluhan zakat yang dibagikan ini, merupakan zakat dari siswa-siswi tempat ia belajar mengajar.

"Tadi zakat teman-teman terkumpul di Sekolah, lalu kami bagian mengantarkan ke rumah Pak RT," tutur Ihul dengan kelelahan.

Salah satu warga sekitar, Lawiti (45) menuturkan, meskipun beberapa kali siswa-siswi ini kelelahan dan beberapa kali istirahat. Namun hal ini sudah tidak asing lagi di mata para warga.

"Setiap tahun seperti ini, zakat dikumpulkan di Sekolah. Lalu siswa-siswinya mengantarkan kesetiap rumah RT untuk dibagikan kepada warga yang tidak mampu ke RTnya masing-masing," jelas Lawiti.[hud/col]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : zakat, lebaran, fitrah



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini