11:00 . Terapkan Sistem Tiket, Rumah Persinggahan Gelar Pameran Seni Rupa   |   10:00 . Satgas Covid-19 Tuban Minta Warga Batalkan Gelar Acara Hiburan   |   09:00 . Pencarian Korb4n H4nyut di Sungai Avur Desa Cendoro   |   08:00 . Hilang 3 Hari, Korban Hanyut Avour Suru Terapung di Jembatan Glodok   |   07:00 . Bantu Menstruasi Lebih lancar, Konsumsilah 5 Makanan Ini Secara Teratur   |   17:00 . Tinjau Tanggul Embung Jebol di Plumpang, BPBD: Penanganan Darurat Akan Dilakukan   |   15:00 . Perubahan Tata Ruang Wilayah Picu Banjir di Tuban   |   14:00 . Proyek Penambalan Jalur Pantura Picu Kemacetan Panjang   |   13:00 . Tanggul Avour Suru Jebol, 60 Rumah di Cendoro Terdampak   |   11:00 . Proyek Penambalan Jalur Pantura Picu Kemacetan Panjang   |   10:00 . Tanggul Avour Suru Jebol, 60 Rumah di Cendoro Terdampak   |   09:00 . Basarnas Pimpin Pencarian Korban Hanyut di Avour Suru, Fokus di 6 Titik   |   07:00 . Mainan Mandi Anak Bisa Simpan Banyak Bakteri, Begini Cara Mengatasinya!   |   23:00 . Tanggul Embung Jebol, 110 KK di Desa Sumberagung Terendam Banjir   |   22:00 . Arus Sungai Makin Deras, BPBD Hentikan Pencarian Korban   |  
Fri, 22 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Gebrakan, Meriahkan Sedekah Bumi dengan Salawat

bloktuban.com | Friday, 12 May 2017 00:00

Gebrakan, Meriahkan Sedekah Bumi dengan Salawat

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas hasil bumi dikemas berbeda oleh Karang Taruna Desa Sugihan, Jatirogo. Adalah Sedekah Bumi atau Nyadran yang menjadi agenda tahunan warga setempat, dikemas dalam salawat bersama, Kamis (11/5/2017).

Acara yang populer di Indonesia ini biasanya digelar di punden atau makam leluhur. Sedangkan pemuda Desa Sugihan ini menggelar acara dengan bersalawat di balai desa setempat yang berada di Jalan Raya Timur No 116, Jatirogo Tuban.

"Sedikit berbeda tahun ini, sedekah bumi sengaja kita kemas dalam tajuk Sugihan Bersalawat," terang Ketua Karang Taruna Sugihan, Aji Syafii kepada blokTuban.com, Kamis (11/5/2017) malam.

Pada malam sedekah bumi ini di makam desa setempat juga dilakukan warga dengan bacaan yasin, tahlil, dan doa bersama sesepuh desa dan perangkat. Kemudian setelah itu dilanjutkan shalawat bersama dan pengajian umum. Sementara esok pagi juga ada acara ambengan atau hajatan di makam desa atau cungkup.

Menurut dia acara sedekah bumi ini salah satu bentuk budaya yang diwarisi dari nenek moyang. Namun berkembanya zaman, lanjut Aji, sapaan akrabnya tidak ada negatifnya bila dikolaborasikan dengan acara keagamaan.

"Sedekah bumi positif begitu pula dengan salawat, keduanya perlu dilestarikan," tegas Aji.

Sementara Kepala Desa Sugihan, Suharto mengapresiasi gebrakan baru di desanya itu. Sebab ini yanh pertama dan animo masyarakat juga tinggi. Hal itu tampak dari kehadiran warga sekitar.

"Pemerintah Desa mengapresiasi setinggi-tingginya dan siap mendukung jika dijadikan agenda tahunan," ucap Suharto di hadapan warganya.

Pihaknya berharap, dengan kegiatan positif budaya yang dulunya kelam ketika sedekah bumi tergerus sedikit demi sedikit. Sebab, jika pada acara sedekah bumi tidak jarang masyarakat dahulu bersamaan pesta yang dilarang agama dan negara.

"Semoga dengan diawali tahlil, yasin dan doa bersama di makam dan lanjut dengan shalawat semua warga diberi keselamatan," pungkasnya. [rof/col]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : salawat, sedekah, bumi



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more