Sekolah Berharap Hari ini dan Selanjutnya Lancar

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Tuban di hari pertama, Selasa (2/5/2017) kemarin sempat terjadi kendala. Putusnya jaringan internet mewarnai pengerjaan soal UNBK hari pertama saat gelombang ke tiga atau sore hari.

Gangguan teknis, berupa jaringan internet di sekolah yang sempat terputus, akibatnya server sekolah tidak bisa tersambung ke server pusat selama beberapa menit. Beruntung, jaringan internet segera tersambung kembali pada sore itu juga.
 
Kepala Sekolah SMP Negeri (SMPN) 1 Jatirogo, Siswadi saat ditemui blokTuban.com, Rabu (3/5/2017) mengatakan, di hari pertama UNBK digelar sempat terjadi putus jaringan internet. Akibatnya pelaksanaan UN sempat terganggu, terutama ketika print out dokumen ujian yang harus dikirim lagi ke server pusat.

"Jaringan internet kemarin hilang ketika sesi tiga, sehingga pelaksanaan sempat terganjal sedikit, namun hari ini sudah lancar kembali," kata mantan kepala sekolah SMPN Kenduruan itu.

Kendati demikian, anak-anak diharapkan tetap fokus mengerjakan soal. Untuk itu, ia berharap, hal itu tidak lagi terjadi di hari ke dua ini, hingga terakhir.

"Harapan kita, insiden semacam itu diawal kemarin saja, untuk selanjutnya semoga lancar," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, SMPN 1 Jatirogo, merupakan satu diantara 13 SMP yang telah siap melaksanakan UNBK. Sementara sekolah lainnya baik swasta maupun Negeri melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) seperti biasa. [rof/rom]