SMPN 1 Palang akan Direnovasi ExxonMobil

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Palang akan berbenah dalam waktu dekat. Lembaga pendidikan di pesisir pantai Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban itu akan direnovasi sarana dan prasarananya, guna meningkatan mutu dan kualitas pendidikan.

Renovasi sarana dan prasarana dilakukan ExxonMobil dan difasilitasi oleh Putra Sampoerna Foundation (PSF) SDO.

"Kami akan memulai renovasi di SMPN 1 Palang dengan membuat laboratorium IPA, perpustakaan dan juga toilet," kata Education Fasility Support Coordinator Putra Sampoerna Foundation Scholl Development, Eka Budiharto, kepada blokTuban.com, Kamis (27/4/2017).

Renovasi dilakukan secara total. Tidak hanya bangunan, namun juga semua perlengkapan mebeler, kebutuhan peralatan laboratorium, buku-buku perpustakaan, dan juga kebutuhan lain yang diperlukan.

Eka menjelaskan, selain fisik yang dilakukan antara ExxonMobil dan PSF, di sekolah ini juga menyentuh program non fisik. Seperti pelatihan profesionalisme guru, proses pembelajaran berbasis masalah, dan juga akan didorong lokakarya workshop pelatihan, manajemen sekolah, dan juga pendidikan ekstrakurikuler.

"Kita berharap program ini bisa mendorong sekolah agar bisa mencapai 8 standar pendidikan nasional di Indonesia," kata Eka menjelaskan.

Delapan standar yang dimaksud adalah fisik, proses, penilaian, kelulusan, pengelolaan, tenaga kependidikan dan pendidik, sarana prasarana dan pembiayaan. "Minimal bisa mencapai 6 standar dari 8 standar nasional itu," tandasnya.

Ada 12 sekolah di Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro yang menjadi sasaran program ini di tiga tahun terakhir. Dari jumlah itu, ada 6 sekolah yang mendapat program secara penuh yang menyentuh sampai ke pembangunan fisik.

Wakil Kepala Sarpras SMPN 1 Palang, Aini Muzayanah, berterima kasih dengan bantuan yang diberikan ExxonMobil. Karena selain pembangunan fisik, program bersama PSF juga membantu pengembangan manajerial sekolah.

"Bantuan berupa pengembangan manajerial sekolah, pengembangan komite, Bapak dan Ibu guru, dan juga pengembangan ekstrakurikuler," terang Aini Muzayanah.

"Semoga kedepan sekolah kami bisa terus berkembang dan kualitas pendidikan terus meningkat," lanjutnya.

Arifatul Zahroh, perwakilan dari Dinas Pendidikan Tuban yang datang di Kickoff Renovasi Sarana dan Prasarana SMPN 1 Palang, mengucapkan terima kasih atas program yang dilakukan ExxonMobil dan PSF SDO.

"Karena sarana dan prasarana sangat membantu kualitas pendidikan, kita berterima kasih karena anggaran dari kabupaten juga terbatas," terang Arifah.

Dia berharap program serupa bisa diteruskan. Bisa menular ke sekolah-sekolah lain, dan dicontoh oleh pelaku usaha yang lain. [dwi/rom]