Penguatan Organisasi, Ansor Bangilan Gelar PKD

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Puluhan calon kader dan anggota Gerakan Pemuda (GP) Ansor antusias mengikuti acara pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) yang diselenggarakan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Jumat (24/2/2017). Kegiatan kaderisasi yang berlangsung di MI Nahdlotul Mubtadiin, Soto, Sidodadi, Bangilan berlangsung dengan serangkaian pelantikan pengurus PAC Bangilan masa khidmat 2016-2018 pada tanggal 24-25 Februari 2017.

Hadir dalam acara tersebut di antaranya jajaran Pengurus Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Tuban, segenap Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimcam), Majlis Wakil Cabang (MWC) Nahdhatul Ulama (NU) Bangilan beserta badan otonomnya (Banom).

Ketua Tanfidziyah MWCNU Bangilan, Zubaidi mengatakan, sebagai generasi muda NU, GP Ansor diharapkan bisa memperjuangkan dan mensyiarkan amaliyah jamiyah NU secara masif.

"Amaliyah NU harus selalu dibudayakan dan diperjuangkan untuk kemaslahatan ummat dan kemajuan bangsa," ujar Zubaidi.

Sementara Camat Bangilan Moch. Maftuchin Riza, Wakil Forpimcam menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan kaderisasi di wilayahnya. Pihaknya berharap dengan kegiatan ini bisa menjadi filter generasi muda di era modern saat ini.

"Kami harapkan baik calon kader maupun anggota Ansor mengikuti pengkaderan secara kaffah (sempurna)," tutur pria yang juga sebagai Wakil PC GP Ansor Kabupaten Tuban itu.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Umum PC GP Ansor Kabupaten Tuban, Harun Prasetyo berujar, secara historis Kecamatan Bangilan merupakan bibit atau embrio berdirinya NU di Kabupaten Tuban. Untuk itu, GP Ansor Bangilan sebagai pemuda sekarang dan pemimpin di masa yang akan datang diharapkan bisa menjadi tumpuan bangsa.

Sedangkan PKD kali ini menurutnya sebagai penguatan organisasi. Selain itu PKD juga sebagai kegiatan kaderisasi untuk menguatkan akidah dan sebagai wawasan kebangsaan.

"PKD juga sebagai pengkaderan yang menjadi skala prioritas organisasi GP Ansor dengan harapan menghasilkan kader yang militan berwawasan kebangsaan," tegasnya.

Masih kata Harun, begitu ia disapa, jika menginginkan NU tetap eksis harus melalui kegiatan pengkaderan seperti saat ini. Sebab NU ke depan bisa dilihat dari majunya GP Ansor saat ini. "Jika GP Ansor kadernya militan, tentu NU akan tetap eksis," pungkasnya. [rof/col]