Puluhan Pengurus Sarbumusi Tuban Datangi Kantor Pemkab

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Puluhan pengurus Serikat Buruh Muslim Indonesia (Sarbumusi) Nahdhatul Ulama (NU) Kabupaten Tuban mendatangi Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, Kamis (23/2/2017). Kedatangan mereka untuk hearing bersama Sekretaris Daerah (Sekda) dan pihak dinas yang menangani tenaga kerja.

Ketua Sarbumusi, Irhamsyah ketika dikonfirmasi blokTuban.com usai hearing mengatakan, maksud dari kedatangannya siang ini, merupakan langkah awal realisasi program kerja yang dilakukan Sarbumusi. Menurut dia ada hal penting yang penting untuk disampaikan kepada Pemkab Tuban, terkait hak-hak buruh maupun calon buruh yang menjadi kewenangan pemerintah.

“Ada dua hal yang mendasari kegiatan Sarbumusi siang ini, yang pertama menjalin komunikasi dan yang kedua penyampaian program kerja ke depan,” terang ketua pengurus yang baru dilantik Sabtu (28/1/2017) lalu.

Dijelaskan Irhamsyah, ada tiga program penting yang dikomunikasikan bersama Pemkab Tuban. Di antaranya penguatan organisasi basis, advokasi pendampingan buruh, dan mendorong Pemkab Tuban untuk segera menyiapkan tenaga kerja menghadapi mega proyek kilang minyak. Ditambahkan dia, pemerintah bisa memberi pelatihan kerja bagi warganya sesuai kualifikasi perusahaan.

“Harapan kami, Pemkab Tuban untuk segera menyiapkan tenaga kerja skill maupun non skill dalam menghadapi mega proyek kilang minyak,” tegas Irhamsyah.

Sementara Sekda Tuban, Budi Wiyana mengaku, menilai positif adanya kunjungan Sarbumusi ke kantornya siang ini. Menurut dia, organisasi buruh berbasis NU itu merespon cepat pesan Bupati Tuban ketika pelantikan beberapa waktu lalu, agar segera membuat program yang jelas dalam mengkoordinir tenaga kerja.

“Ini sangat bagus, pasca dilantik Sarbumusi melakukan gebrakan awal proaktif audiensi bersama Pemkab,” ungkap Sekda kepada blokTuban.com, Kamis (23/2/2017).

Selain itu, menurut Sekda hal yang perlu dilakukan Sarbumusi adalah memahami tupoksi organisasi untuk mengembangkan eksistensi. Tujuannya, sebagai mitra Pemkab untuk menampung aspirasi dalam rangka pengembangan potensi tenaga kerja di bawah. Kemudian setelah semua aspirasi dimiliki, dikomunikasikan ke Pemkab untuk ditindaklanjuti.

“Pemerintah juga berharap Sarbumusi bisa menjalankan tupoksinya dan intensif membangun komunikasi dan sinergitas dengan Pemkab dalam mengawal dunia buruh,” pungkasnya. [rof/col]