Tanaman Cabai di Grabagan Cenderung Tak Maksimal

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kecamatan Grabagan merupakan salah satu lecamatan pemasok cabai terbesar di Kabupaten Tuban. Namun, musim ini tanaman cabai milik sebagian petani di kecamatan tersebut yang telah mulai masa panen tidak menghasilkan cabai yang maksimal.

Hal itu dikarenakan, cuaca yang terjadi saat ini, menyebabkan sebagian tanaman cabai diserang penyakit patek dan kriting. Dari informasi yang dihimpun blokTuban.com tanaman cabai tersebut terserang penyakit sejak masih dalam pembibitan.

"Musim ini, tanaman cabai lebih bagus tanaman cabai musim lalu, sekarang tanaman cabai tumbuh tidak maksimal sehingga otomatis hasil panen juga menurun," ungkap Ketua Kelompok Tani Jaya Makmur Desa Banyubang, Yusup kepada blokTuban.com.

Terpisah, salah satu petani di Desa Waleran Heri (32), ia mengaku kali ini ia tidak menanam tanaman cabai, dikarenakan waktu pembibitan kemarin hasilnya jelek dan terkena penyakit.

Sebelumnya, setiap tahun ia menanam cabai secara tumpang sari dengan jagung, tetapi karena hasil pembibitanya jelek dan harga bibit dipasaran tinggi, ia lebih memilih menanami lahan persilnya dengan tanaman kacang tanah.

"Kemarin juga melakukan pembibitan, tapi terserang penyakit lodoh sehingga tidak bisa ditanam," kata Heri.[hud/ito]