Dewan Pendidikan Sebut PGMI Sebagai Mitra

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dalam rangka mensukseskan program pendidikan di Kabupaten Tuban, Dewan Pendidikan Tuban berharap Persatuan Guru Madrasah Indonesia (PGMI) bisa menjadi mitra. Menurut dia, PGMI maupun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) kedudukannya sama, yaitu organisasi profesi yang menjadi kontrol pemerintah dalam memperhatikan dunia pendidikan.

"PGMI dengan Dewan Pendidikan adalah mitra. Untuk itu kita tekankan aktif berkomunikasi, tujuannya ketika ada permasalahan di dunia pendidikan bisa diselesaikan bersama-sama," ungkap Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban, Sutrisno saat ditemui blokTuban.com, usai mengisi seminar di acara pelantikan DPC PGMI Bangilan, Sabtu (11/2/2017).

Dijelaskan Sutrisno, PGMI adalah lembaga profesi guru madrasah yang bisa berjalan seiring dengan Dewan Pendidikan. Untuk itu, PGMI diharapkan bisa bekerja secara profesional dan efektif mengabdikan diri untuk masyarakat, tenaga pendidik maupun kependidikan khususnya di madrasah.

"PGMI bisa menjadi kontrol dunia pendidikan di Kabupaten Tuban. Ketika ada permasalahan diharapkan bisa menginformasikan kepada Dewan Pendidikan untuk direkomendasikan kepada Bupati," tegasnya.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kemenag Tuban, Badrus Sholeh mengharapkan, agar PGMI bisa bekerja maksimal untuk meningkatkan mutu pendidikan madrasah di Kabupaten Tuban. Selain itu, antar lembaga juga bisa kerjasama menyelesaikan masalah guru secara internal organisasi bersama Kemenag Tuban.

"Saat ini sudah ada 4 DPC se-Kabupaten Tuban yang sudah terbentuk, harapannya di 16 Kecamatan yang belum segera menyusul," pungkasnya. [rof/rom]