Pasca Banjir, Wapadai Tiga Penyakit Ini

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Musim penghujan akhir-akhir ini, membuat beberapa desa di Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban terkena dampak meluapnya Kali Kening. Tak pelak, kondisi seperti itu rawan dengan munculnya berbagai penyakit.

Menurut Kepala UPTD Puskesmas Ponco, Kecamatan Parengan, dr. Roikhan kepada blokTuban.com mengatakan, berdasarkan di tahun-tahun sebelumnya, pasca banjir Kali Keningada 3 penyakit yang perlu diwaspadai.

"Pasca banjir, penyakit yang menjangkit warga adalah kulit, pernapasan dan demam berdarah," ujar Kepala Puskesmas Ponco.

Lanjutnya, untuk mengantisipasi merebahnya penyakit itu, pihak Puskesmas telah menyurati beberapa Pemerintah Desa untuk selalu berkoordinasi dengan pihak puskesmas.

Di samping itu, setiap satu bulan sekali pihak puskesmas juga menyampaikan kepada kader-kader yang berada di desa agar tanggap dengan tanda-tanda penyakit tersebut. "Kami himbau agar hati-hati dan waspada dengan penyakit demam, apabila sudah 3 hari maka segera untuk di Labkan,"tambahnya.[hud/ito]