Insentif Minim, Bunda PAUD Butuh Perhatian

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Perhatian kepada guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting. Karena mereka berperan penting membentuk karakter anak. Kendati demikian, perhatian kepada mereka masih belum maksimal.

Hal itu disampaikan para Bunda, sebutan guru PAUD dalam acara rutinan evaluasi hasil pembelajaran dan perkembangan pendidikan di masing-masing lembaga tingkat Kecamatan Senori, Selasa (24/1/2017) kemarin.

"Selama ini intensif untuk penyemangat Bunda masih minim. Kalaupun ada itu masih perlu pemerataan," ujar Ketua Himpaudi Kecamatan Senori, Nur Syaidah, Selasa (24/1/2017).

Menanggapi hal itu, Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Senori, Rudi Sulopo mengatakan, jumlah insentif Bunda PAUD untuk saat ini masih kecil, baru 53 orang. Padahal lanjut dia, di Kecamatan Senori jumlah keseluruhan Bunda PAUD ada 73 orang.

"Pada tahun 2016 Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) memang masih jauh untuk memenuhi insentif Bunda PAUD," terang Rudi sapaan akrabnya.

Lanjut Rudi, untuk BOP PAUD tahun 2017, info dari Kabupaten dicanangkan Rp20 miliiar. Dari dana tersebut nantinya akan diperuntukan untuk operasional masing-masing anak didik sebesar Rp600 ribu.

"Sedangkan untuk insentif Bunda PAUD kita masih menunggu juknisnya," pungkas Rudi. [rof/rom]