Melalui Kominfo, Pemkab Gadang Tuban sebagai Smart City

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten Tuban memiliki ekspektasi tinggi dibentuknya dinas baru, yakni Dinas Komunikasi dan Informasi atau Kominfo atau DKI tersebut.

Secara resmi pelantikan kepengurusan DKI bersamaan dengan peresmian pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Pemkab Tuban, Rabu (28/12/2016).

Bupati Tuban, Fathul Huda mengatakan, kedepan akan dibentuk semacam aplikasi yang dikoneksikan dengan aplikasi besutan Polres Tuban, Sistem Siaga Bumi Wali (SIBI).

"Masing-masing Kepala Desa harus berperan dalam membangun kebebasan dan kemerdekaan informasi. Kecepatan informasi, apa yang terjadi di masyarakat dan jangan sampai ada warga desa yang terlantar," ujarnya.

Fathul Huda mencontohkan, kerap terjadi pada penduduk lanjut usia yang tidak memiliki keluarga luput dari perhatian. Apabila mendapati hal demikian, ia berharap kades secepatnya melaporkan ke camat dan kemudian camat dilaporkan dinas terkait.

"Agar Pemkab dapat segera mengambil langkah dan kades bisa untuk menjemput bola," terang orang nomor satu di Tuban itu.

Dalam aplikasi yang digadang tersebut, nantinya pertukaran informasi dapat diterapkan dengan baik. Informasi dari desa dapat diakses oleh Pemerintah Tuban atau sebaliknya.

"Kalau bisa HP androidnya jangan sampai di-offkan, sewaktu ada masalah bisa ditangani secepatnya," tandas Bupati. [dwi/rom]