Puskesmas Kerek Lakukan Skrining Antenatal Pada Ibu Hamil

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Untuk menekan kematian ibu melahirkan dan bayinya, sejak Selasa (13/12/2016) lalu, Puskesmas Kecamatan Kerek melakukan skrining antenatal kepada ibu hamil.

Program skrining yang dilakukan di Puskesmas tersebut, merupakan salah satu langkah awal untuk mendeteksi penyakit yang diderita pada ibu hamil. Sehingga dengan mengetahui itu, tim medis bisa langsung melakukan penanganan.

Kepala Puskesmas Kerek, Dr. Rika Triyana mengatakan, skrining antenatal ini dilakukan secara bertahap yakni perdesa, hingga saat ini sudah tujuh desa dari 10 desa di wilayah kerja Puskesmas Kerek.

"Alhamdulillah, kesadaran ibu hamil di wilayah Kecamatan Kerek saat ini tinggi," kata Rika kepada blokTuban.com, Rabu (21/12/2016).

Selain Skrining Antenatal yang dilakukan di puskesmas, selama ini program yang telah dijalankan secara rutin ialah ANC ibu hamil yang mana tim medis dari puskesmas datang ke desa-desa di wilayah kerjanya.

"Program ini diharapkan, ibu bisa menjaga kehamilannya dengan aman dan nyaman, serta saat melahirkan nantinya juga brjalan aman dan nyaman," tambah Rika. [hud/rom]