Puskesmas Susah Dijangkau, DD Boleh untuk Beli Ambulan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Tersiar kabar Dirjen Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada 2017 pemanfaatan dana desa (DD) akan diprioritaskan untuk empat hal. Diantaranya, Infrastuktur, pelayanan sosial dasar, pengembangan ekonomi dan pemberdayaan.

Camat Bangilan, Sartono ketika dikonfirmasi terkait penggunaan DD di Kecamatan Bangilan mengatakan, tahun 2016 mayoritas desa sudah menggunakan dana desa untuk pembangunan infrastuktur. Selain itu, ia menuturkan, DD juga digunakan untuk pelayanan sosial dasar.

“Tahun ini, salah satu desa di Kecamatan Bangilan, pemanfaatan DD bagi desa yang susah menjangkau Puskesmas juga diperbolehkan membeli ambulan desa,” kata Sartono, Kamis (15/12/2016).

Kemudian lanjut Camat Bangilan menambahkan, ambulan desa sangat efektif bagi desa yang jauh dari jangkauan pusat kesehatan dan rumah sakit. Sehingga Sartono menilai jika Desa Kumpulrejo yang letaknya jauh dari pusat kota dan berada di dalam kawasan hutan, sangat efektif ketika memerlukan rujukan.

“Di tahun 2017 akan diperdeskan, terkait perawatan dan operasional ambulan desa Kumpulrejo,” imbuh Camat.

Dirinya mengungkapkan perkara membeli ambulan terkait biaya operasional dan merawat ambulan itu mesti dipikirkan. Sementara itu, terkait pengembangan ekonomi pihaknya akan menyerahkan masing-masing desa untuk segera membuat badan usaha milik desa (BUMDes). [rof/ito]