Meski Hujan, Jemaah Ngaji Bareng Cak Nun Tetap Antusias

Reporter: Edy Purnomo/ Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Emha Ainun Najib, atau akrab disapa Cak Nun, mengisi ngaji kebangsaan di Alun-Alun Kabupaten Tuban malam ini, Jumat (25/11/2016).

Meski hujan deras mengguyur Tuban, tapi acara yang digelar sebagai salah satu rangkaian Hari Jadi Tuban (HJT) ke 723 itu tetap dipadati jemaah. Terop besar yang disediakan Pemkab Tuban penuh dijejali orang, bahkan ada yang berada di belakang panggung. Banyak juga jemaah yang tetap bertahan di luar dengan memanfaatkan payung dan jas hujan.

"Baru kali ini ada pengajian pas hujan deras, tapi masyarakat tetap banyak yang hadir," kata Bupati Tuban, Fathul Huda, mengungkapkan kekagumannya ketika sambutan.

Setelah ditelisik, jemaah yang hadir ternyata tidak berasal dari Tuban. Namun, juga berasal dari berbagai kota seperti Yogya, Gresik, Bojonegoro, Lamongan, Mojokerto, Surabaya, dan bahkan ada yang berasal dari Wonosobo, Jawa Tengah.

"Entah kesini mereka naik apa, yang jelas mereka mencari sesuatu yang tidak sebatas pada materialisme belaka," kata Cak Nun.

"Merekalah generasi yang akan menyelamatkan Indonesia," lanjut suami Novia Kolopaking itu.

Diketahui, Ngaji Kebangsaan bersama Cak Nun dan kelompok musik Kiai Kanjeng, seolah sudah menjadi agenda wajib di Kabupaten Tuban sejak beberapa tahun terakhir. Bahkan, Novia Kolopaking juga ikut hadir untuk menyanyi dan menghidupkan suasana.

"Kalau (tahun) kemarin Saya gak bisa ikut karena anak masih kecil, Alhamdulillah sekarang sudah bisa ditinggal dengan catatan besok pagi Saya sudah sampai di Yogya," kata Mbak Via. [pur/rof/col]