RCC Nilai Tuban Penghasil Keris Unggul

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Tidak banyak yang tahu, Tuban pada masanya merupakan produsen benda pusaka ternama. Bahkan keris hasil tangan terampil asal Tuban mampu bertahan hingga sekarang.

Sekelompok warga asli Tuban yang menamakan diri mereka sebagai bagian dari Ronggolawe Creative Center (RCC) mencoba menelusuri sejarah di balik kejayaan Tuban dulu. Dalam perjalanannya, tidak dipungkiri segudang informasi mulai bermunculan.

"Tuban dulu (masa kerjanaan Majapahit atau sebelumnya, red) dikenal sebagai produsen keris terbagus," kata Pembina RCC, M Chamim Amir.

Keris asli Tuban bahkan acap disebut 'Tangguh Tuban'. Kata tersebut seakan menjadi merek dagang tempo dulu. Dapat dikatakan, Tuban menjadi jaminan atas kualitas produksi benda pusaka zaman dulu.

Jika ditarik logika, lanjut Chamim ketika masa itu teknologi bahkan belum menyentuh kata modernisasi. Namun, hal menakjubkan yang tidak habis pikir ialah kemampuan memadukan bahan baku pembuat benda pusaka dan ilmu pengetahuan dikatakan melampaui ekpektasi masa itu.

"Perpaduan antara besi, baja dan batuan meteroid pada sebuah benda pusaka, keris, begitu menakjubkan," kata Chamim kepada blokTuban.com.

Saat bloktuban.com berkunjung ke kediaman pria yang juga seorang pebisnis tersebut menunjukkan salah satu koleksi benda pusaka miliknya. Sebuah keris yang dari selongsongnya tampak masih terawat.

"Keris buatan Tuban memiliki khas. Bentuk keris lurus dan pada bagian tengah nampak corak alami dari tempaan batuan meteorid dan pada sisi samping terbuat dari paduan besi dan baja," ujarnya.

Ia menuturkan memiliki beberapa koleksi benda bersejarah menjadi kegemaran tersendiri. Terlebih tiap kali menemukan benda bersejarah lainnya rasa puas yang ia rasakan.

"Tiap anggota bisa-bisa memiliki minimal lima benda pusaka," ucapnya menambahkan.[dwi/col]