Disperpar Gelar Diskusi Peningkatan Ekonomi dan Pariwisata Rengel

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) dalam wewenangnya membangun perekonomian dan pariwisata mengadakan diskusi terbuka dalam acara talk show "Jagongan Matoh" di Pendopo Kecamatan Rengel, Kamis (10/11/2016).

Mengusung tema "Peningkatan Perekonomian dan Pengembangan Kawasan Wisata Berbasis Lingkungan Berkelanjutan di Kabupaten Tuban" acara bertujuan mengembangkan potensi ekowisata di wilayah setempat. Sebagaimana diketahui, wisata alam Goa Ngerong yang menjadi ikon Rengel perlu diberdayakan nilai ekonomi dengan tidak meninggalkan azas kelesterian alam.

"Ambruknya dinding Goa Ngerong pada Juli 2015 karena ada getaran akibat kegiatan tambang ilegal di atas Goa Ngerong," terang Ketua Panitia talk show, M Baharudin Ali.

Setelah insiden berpotensi merugikan potensi ekowisata tersebut, lanjut Ali kemudian muncul problem pengangguran. Sebab sebagian masyarakat yang bekerja di area pertambangan yang membutuhkan alih fungsi berkegiatan ekonomi sebagai salah satu yang utama mata pencaharian.

"Malam ini kita akan membahas bagaimana mewujudkan alih fungsi kegiatan eks penambang menjadi ekonomi alternatif lain seperti susur goa dan wisata ekologi," terang Ali.

Setelah ini, masih kata Ali diharapkan ada flow up atau tindak lanjut dari Pemkab Tuban melalui Disperpar bisa menjadi fasilitator.[dwi/col]