Di 2016, Dinsosnakertrans Catat ada 4.798 Pencari Kerja

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) pada awal Oktober 2016 mencatat ada 4.798 pencari kerja di Tuban.

Jumlah tersebut, menurut informasi yang diterima blokTuban.com menyebut, baru sebagian yang terdaftar. Sebab, menurut Kasi Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Harsono Tri Asworo, pendataan pencari kerja berada di bawah wewenang Badan Pusat Statistik (BPS) Tuban.

Diketahui, jumlah pencari kerja Tuban pada akhir 2015 mencapai ratusan ribu. Angka pasti pencari kerja tercatat mencapai 603.039 orang, sementara yang tercatat di Dinsosnakertrans baru satu persen dari total keseluruhan.

"Angka tersebut diketahui dari jumlah pengajuan layanan pembuatan Kartu Pencari Kerja (AK1)," kata Harsono kepada blokTuban.com.

Lebih lanjut dia mengatakan, mayoritas pencari kerja yang terdaftar merupakan pencari kerja formal. Artinya, pekerja 4.798 merupakan mereka yang memilih bekerja di perkantoran, pertokoan ataupun lembaga lainnya.

"Pencari kerja terdaftar didominasi perempuan dengan jumlah 2.552 dan pencari kerja laki-laki mencapai 2.237," tandasnya. [dwi/rom]