Jelang Pilkades Serentak, Calon Masih Masuk Tahap Verifikasi

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang jatuh pada 8 Desember mendatang hingga kini masih belum memasuki tahapan penetapan calon.

Pesta demokrasi di tingkat desa itu, kini masih dalam proses verifikasi data administrasi bagi bakal calon yang telah mempersiapkan diri untuk memimpin desanya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Kabupaten Tuban, Mahmudi mengatakan, sampai saat ini belum ada penetapan calon kepala desa pada Pilkades serentak 2016. Adapun proses yang kini sedang ditempuh adalah verifikasi data bakal calon.

"Masih kita lakukan klarifikasi persyaratannya, kita cek kelengkapannya agar semua proses dilalui dengan benar," ujarnya kepada blokTuban.com, Minggu (30/10/16)

Pria berkacamata itu menjelaskan, dari seluruh serangkaian proses verifikasi yang telah dilakukan, masih belum bisa diputuskan bakal calon yang akan menjadi calon. Sebab, tahapan jni harus dilakukakan dengan benar agar tidak ada salah tafsir.

"Kita harus lakukan dengan hati-hati, jangan sampai keputusan yang telah kita ambil justru akan menjadi gejolak. Yang terpenting, semua calon harus sudah ditetapakan pada 3 November 2016," pungkasnya. [nok/col]