Ini Cung Nduk Tuban Periode 2016-2018

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Grand final ajang Pemilihan Cung Nduk Kabupaten Tuban telah dihelat, Sabtu malam (22/10/2016). Pada malam puncak Pemilihan Duta Wisata tersebut Abrian Lingga P ditetapkan sebagai Cung Tuban 2016 dan Inas Pramitha A H terpilih sebagai Nduk Tuban 2016.

Ajang tiap dua tahunan tersebut cukup menyita perhatian segenap jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban. Diinisiasi Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar), pemilihan Cung Nduk merupakan upaya regenerasi menumbuhkan bibit-bibit sadar pariwisata.

Kepala Bidang Pariwisata, Sunaryo mengatakan maksud dan tujuan dari diadakan pemilihan duta wisata dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan potensi pariwisata Kabupaten Tuban.

"Harapannya (Cung Nduk, red) sebagai salah satu aset terpenting dapat menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD)," kata Surnaryo di sela kegiatan.

Selain itu, Sunaryo melanjutkan, visi dan misi dalam sektor pariwisata dibutuhkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan peran serta masyarakat khususnya putra daerah Tuban. Terlebih, kompetensi yang dimiliki tiap duta wisata diharapkan mumpuni untuk diadu di tingkat provinsi atau dalam ajang Pemilihan Raka dan Raki Jawa Timur.

Asisten Pemerintahan Drs. Achmad Amin Sutoyo, yang turut hadir mengungkapkan, sektor pariwisata merupakan salah satu potensi pembangunan daerah yang saat ini juga sedang dikembangkan. Potensi pariwisata di Tuban cukup variatif yang meliputi wisata bahari, alam budaya ataupun buatan dan minat khusus.

“Duta Wisata “Cung dan Nduk” diharapkan terus meningkatkan kualitas diri. Karena seorang duta wisata bukan hanya seorang figur tapi juga penyampai informasi tentang potensi pembangunan daerah kepada masyarakat luas agar lebih mengenal Kabupaten Tuban,” ungkapnya.

Malam puncak Pemilihan Cung Nduk cukup meriah. Performa masing-masing 10 pasang finalis Cung dan Nduk menyita perhatian. Sebab pendukungan dari tiap finalis begitu antusias menyorakan dukungan antar teman dan keluarga. [dwi/col]

Berikut hasil Final Pemilihan Cung Nduk, Kabupaten Tuban 2016:

Cung Tuban 2016 (Abrian Lingga P).
Wakil I Cung Tuban 2016 (Puguh Pambudi)
Wakil II Cung Tuban 2016 (Hikmatiar David S)

Nduk Tuban 2016 (Inas Pramitha A.H)
Wakil I Nduk 2016 (Lailatul Fajriyah)
Wakil II Nduk 2016 (Riska Khoirunnisa)

Juara Kategori Umum
Cung Favorit 2016 (Dimas Prihandoko)
Nduk Favorit 2016 (Riska Khirunnisa)
Intelegensia 2016 (Alya Jilan R)
Persahabatan 2016 (Owan Arif B.P)