Peziarah juga Antre Air Sumur di Makam Sunan Bejagung Lor

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kendati hari ini, Kamis (20/11/2016) adalah peringatan haul Sunan Bonang, sejumlah destinasi wisata religi di sekitar Tuban seperti di Makam Bejagung Lor turut didatangi para peziarah. Dominan peziarah selain hendak memanjatkan do'a sebagian menyempatkan diri mengambil air dari sumur tua di lokasi setempat.

Beragam kepercayaan turut berkembang di tengah masyarakat Dusun Krajan, Desa Bejagung, Kecamatan Semanding. Konon, air dari sumur tua dengan katrol kayu tradisional, tepat sebelah sumur terdapat sekitar enam gentong warna biru besar sebagai penampung air.

Baca juga [Arus Lalu lintas Jalan Utama Tidak Dialihkan]

"Kedalaman air sekitar 27 meter, itupun ketika musim kemarau air tidak pernah kering," kata Kepala Dusun Krajan, Irkhamni.

Terkait kepercayaan, Irkhamni mengatakan cukup relatif. Hal tersebut kembali pada individu masing-masing. Namun demikian, air sumur dipercaya masyarakat untuk menyembuhkan penyakit.

"Air dapat dikonsumsi sebagai sarana untuk menyembuhkan segala macam penyakit, dari gatal dan sebagainya. Bahkan, beberapa diantaranya berangsur membaik dengan mengkonsumsinya atau dibuat mandi," terang Irkhamni.

Sementara itu, salah seorang peziarah, Susi juga turut menyempatkan antre dengan membawa botol plastik berukuran satu liter. Air penuh satu liter dengan mudah ia peroleh dan tidak lupa menyerahkan sekadar uang syarat.

"Ini saya juga ikut-ikutan saja, katanya baik untuk menyembuhkan penyakit," terangnya. [dwi/rom]