Hati-Hati, HIV Dipastikan Akan Menjalar ke AIDS

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Setiap orang hendaknya berhati-hati agar tubuhnya senantiasa prima dan tidak terserang penyakit yang mematikan. Seperti pengidap Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Penyakit ini tentu sangat mematikan keberadaannya dalam tubuh manusia, karena dipastikan jika sudah mengidap penyakit HIV maka akan menjalar ke Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS). Oleh karena itu, hendaknya setiap orang waspada agar tidak terjangkit.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Saiful Hadi mengatakan, HIV memang gejala awal untuk mengidap AIDS pada tahap berikutnya. Sebab pertumbuhan virus dipastikan akan terus berkembang hingga AIDS benar-benar menerpanya.

"Maka dari itu, intinya jangan sampai terserang HIV," ujar Saiful sapaan akrabnya kepada blokTuban.com, Sabtu (15/10/2016).

Selanjutnya, Alumnus FK Unair itu menjelaskan, lebih baiknya agar setiap orang melakukan pencegahan agar tidak terjangkit virus HIV tersebut.

Pencegahan bisa dilakukan seperti saat melakukan hubungan intim menggunakan alat kontrasepsi atau pengaman, itu dilakukan sebagai upaya pencegahan agar tidak terjangkit HIV. Sebab, penularan bisa melalui hubungan intim.

"Dipastikan yang terjangkit HIV maka akan terserang AIDS pula, oleh karena itu upaya pencegahan HIV sangat tepat untuk dilakukan sebelum terjangkit virus yang mematikan," pungkasnya.

Diketahui, hingga saat ini di Kabupaten Tuban terdapat 454 penderita AIDS, dengan rincian Laki-laki sebanyak 249 dan Perempuan sebanyak 205. [nok/rom]