Bengawan Meluap, Penahan Jembatan di Desa Simo Nyaris Ambrol

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Akibat kenaikan debit air di aliran Sungai Bengawan Solo, tanah penahan jembatan yang berada di Desa Simo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban nyaris ambrol, Jumat (30/9/2016).

Informasi yang dihimpun blokTuban.com kejadian ambrolnya sebagian besar jembatan tersebut terjadi sekitar pukul 24.00 WIB, Kamis (29/9/2016) kemarin malam. Saat blokTuban.com ke lokasi kejadian, tampak terdapat sejumlah material yang menunjukkan adanya aktifitas perbaikan.

Kepala Desa setempat, M Hadi saat dikonfirmasi membenarkan saat ini tengah dilakukan perbaikan pada tanah penahan jembatan. Sudah sejak enam bulan lalu dilakukan pengerukan pada bagian kedua sisi jembatan.

"Karena sedang dikeruk, kemudian ada getaran akibat luapan air bengawan, tanah penahan jemabtan sebelah selatan nyaris ambrol," terang Hadi.

Kendati jembatan tidak ambrol, tanah penahan di samping jembatan terkikis. Akibatnya lebar jalan saat ini sekitar 75 centimeter.

"Perbaikan (tanah penahan jembatan, red) terbilang lamban, karena sudah enam bulan dilakukan pengerukan. Tadi orang PU sudah melihat, diharapkan segera diperbaiki," kata Hadi. [dwi/col]