Bengawan Solo Pasang, Warga Ngadirejo Manfaatkan Cari Ikan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Debit air pada aliran Sungai Bengawan Solo hari ini, Kamis (29/8/2016), mengalami pasang. Namun, alih-alih mengamankan diri, sejumlah warga Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban yang tinggal di bantaran sungai justru menyerbu pinggiran bengawan.

Pantaun blokTuban.com di lokasi nampak pada aliran sungai cukup deras. Pada deras aliran sungai turut bermacam sampah hanyut bersama air keruh kecoklatan.

[Baca juga: Pagi ini Bengawan Solo Siaga I ]

Pada pinggiran sungai, raut wajah warga justru antusias menceburkan diri meski di tepian. Tidak lupa berbagai macam alat menangkap ikan, seperti jala, ember, jaring kecil turut dibawa warga.

Salah seorang warga Sapari, mengatakan sudah menjadi hal lumrah dilakukan warga mencari ikan di kondisi pasang pertama. Sebab, menurutnya ketika debit air naik, ikan kecil yang berkembangbiak di sungai bengawan terpanjang di Pulau Jawa tersebut naik ke permukaan.

"Satu orang bisa-bisa mendapat ikan wader dan udang dari dua hingga tiga kilogram," kata Sapari.

Sementara itu tidak jauh berbeda dengan warga lain, Rusmi nampak antusias dengan membawa jaring. Ketika jaringnya berhasil memerangkap ikan, ia sontak bersorak menambah antusias warga lain.

"Itu (ikan) megap-megap, loh dalam, yah kena kayu," pekiknya.[dwi/ito]