11:00 . Terapkan Sistem Tiket, Rumah Persinggahan Gelar Pameran Seni Rupa   |   10:00 . Satgas Covid-19 Tuban Minta Warga Batalkan Gelar Acara Hiburan   |   09:00 . Pencarian Korb4n H4nyut di Sungai Avur Desa Cendoro   |   08:00 . Hilang 3 Hari, Korban Hanyut Avour Suru Terapung di Jembatan Glodok   |   07:00 . Bantu Menstruasi Lebih lancar, Konsumsilah 5 Makanan Ini Secara Teratur   |   17:00 . Tinjau Tanggul Embung Jebol di Plumpang, BPBD: Penanganan Darurat Akan Dilakukan   |   15:00 . Perubahan Tata Ruang Wilayah Picu Banjir di Tuban   |   14:00 . Proyek Penambalan Jalur Pantura Picu Kemacetan Panjang   |   13:00 . Tanggul Avour Suru Jebol, 60 Rumah di Cendoro Terdampak   |   11:00 . Proyek Penambalan Jalur Pantura Picu Kemacetan Panjang   |   10:00 . Tanggul Avour Suru Jebol, 60 Rumah di Cendoro Terdampak   |   09:00 . Basarnas Pimpin Pencarian Korban Hanyut di Avour Suru, Fokus di 6 Titik   |   07:00 . Mainan Mandi Anak Bisa Simpan Banyak Bakteri, Begini Cara Mengatasinya!   |   23:00 . Tanggul Embung Jebol, 110 KK di Desa Sumberagung Terendam Banjir   |   22:00 . Arus Sungai Makin Deras, BPBD Hentikan Pencarian Korban   |  
Fri, 22 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sedekah Bumi Tapen, Warga Punya Keyakinan Unik

bloktuban.com | Sunday, 25 September 2016 15:00

Sedekah Bumi Tapen, Warga Punya Keyakinan Unik

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Warga Dusun Tapen, Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban menggelar sedekah bumi atau Manganan. Sedekah bumi adalah sebuah kegiatan budaya yang masih diyakini warga sekitar lapangan sumur minyak dan gas (Migas) Tapen. Kali ini acara adat itu jatuh pada Minggu (25/9/2016), dengan kegiatan hajatan dilanjut pagelaran wayang kulit.

Menurut warga setempat, sedekah bumi dilakukan setiap tahun. Segala persiapan juga sudah sejak jauh-jauh hari. Ketika harinya tiba, ibu-ibu sejak malam membuat aneka kuliner khas desa untuk hajatan di beberapa tempat yang dianggap keramat.

"Persiapanya ya malam buat jajan, seperti bugisan, tape ketan, dan yang lain," ujar salah satu warga, Wulan (25).

Ibu yang juga pengasuh di Taman Kanak-kanak (TK) Tapen itu menjelaskan, paginya hajatan digelar di Sumur Panggang, sumur Gede, dan sumur-sumur kecil-kecil milik warga. Masyarakat berduyun-duyun dengan membawa makanan dan aneka jajanan. Ada juga yang membawa tumpeng dan ayam panggang layaknya sesaji.

Warga setempat masih meyakini jika sedekah bumi harus tetap diadakan, dengan maksud mewujudkan rasa syukur atas rizqi yang di berikan olah Tuhan Yang Maha Esa.

"Tujuannya nanti ketika saat musim tanam, para petani tetap diberi kelancaran dan panen melimpah," tandas Wulan.

Masih kata Wulan, perbedaan waktu penyelenggaraan sedekah bumi di Tapen dengan daerah lain adalah urutan wilayahnya. Warga Tapen hingga sekarang berkeyakinan, sedekah bumi harus dilakukan secara berurutan dari satu dusun ke dusun lainnya. Jika tidak, ada saja halangan yang menimpa masyarakat.

Setiap tahun pasti dilakukan. Urutannya dari dusun Lanjam, Banaran, Malo, dan yang terakhir adalah Tapen.

"Dulu pernah tidak urut, maka di Dusun Malo pohon besar tumbang ketika pelaksanaan kundangan sedekah bumi," pungkasnya.

Kali ini warga meyakini kepercayaan itu dan sedekah bumi dilaksanakan secara urut dan bergantian.[rof/col]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : sedekah, bumi, tapen



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more