Tumbuhkan Niat Sejak Dini, 200 Siswa Ikuti Manasik

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Untuk menumbuhkan niat berhaji sejak dini, ratusan siswa dari Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) dan Play Group Islam Terpadu (PGIT) Al Uswah Jatirogo memadati lapangan sepak bola Suwedang, Desa Paseyan, Jatirogo. Mereka bukan untuk bermain bola, melainkan untuk mengikuti kegiatan Manasik Haji.

Seketika itu, lapangan yang berada di sebelah selatan jalan raya provinsi turut Bojonegoro-Jatirogo itu berubah menjadi lautan manusia berwarna putih. Semua anak laki-laki tidak satu pun terlihat memakai baju, saat itu semuanya hanya memakai sehelai kain putih yang dililitkan pada badan dan bahu saja. Begitu juga dengan anak perempuan, mereka memakai pakaian serba putih dari baju hingga kerudung.

Ketua pelaksana kegiatan manasik haji, Tri Anita mengatakan, acara yang digelar hari ini Kamis, (22/9/2016) merupakan upaya menumbuhkan niat anak untuk berhaji sejak dini. Walaupun ada kendala sedikit, namun acara tetap berjalan hingga selesai.

“Sempat ada gangguan sedikit karena hujan, namun tetap berjalan lancar hingga selesai,” kata Wali Kelas TK A itu, Kamis (22/9/2016).

Ia juga menambahkan, walau di awal para siswa masih mendapat dampingan dari orang tua, ketika menjalankan rukun haji semua tampak cukup mandiri. Dengan kegiatan semacam ini diharapkan bisa mendorong para orang tua memiliki niat untuk pergi ke tanah suci.

“Cukup antusias para orang tua mendampingi putra-putrinya, itu terbukti dari dua ratus wali murid tampak semangat menyiapkan anaknya dengan baju ihrom,” pungkasnya.[rof/col]