Warga Kumpulrejo Akhirnya Ditemui PT Arkan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Puluhan warga Kumpulrejo yang mewakili masyarakat Dusun Tawun dan Tuwiwiyan ditemui manajemen PT Arkan, anak perusahaan dari KSO Pertamina, PT Tawun Gegunung Energi (TGE), di balai desa setempat, Selasa (6/9/2016).

Sejak pukul 08.00 WIB warga sudah mulai memenuhi balai desa untuk menggelar aksi lanjutan blokade jalan, kemarin (5/9/2016) guna menuntut kejelasan nasib warga terkait kesejahteraan.

Sekira pukul 09.00 WIB, mediasi dilakukan antara kedua pihak antara perwakilan warga dan PT Arkan, selaku perusahaan yang menangani Corporate Social Resposibility (CSR) dari PT TGE yang dikawal ketat oleh TNI dan Polri.

Baca juga [Pertemuan Susulan, Puluhan Warga Kumpulrejo Hadir di Balai Desa]

Benny Kedang, Direktur utama PT Arkan meminta masyarakat untuk lebih tenang, jangan sampai melakukan hal-hal yang mengarah pada anarkis. Karena, semua tuntutan warga yang diajukan ke semuanya sesuai program perusahaan.

"Masyarakat tak perlu khawatir dengan haknya, pasti nanti akan dipenuhi oleh perusahaan," tegasnya saat memberi penjelasan di hadapan warga, Selasa (6/9/2016).

Ia juga menjelaskan, bahwa terkait tuntutan tenaga kerja masyarakat itu sudah direalisasikan, namun juga tidak mungkin perusahaan menerima semua warga. Sedangkan mengenai kesejahteraan untuk masyarakat sekitar sumur Gegunung Pertamina (GGNP) itu menunggu seberapa hasil minyak yang didapat nantinya.

"Untuk saat ini perusahaan juga belum mendapat hasil minyak dari sumur tua GGNP, jadi kita minta kerjasamanya warga untuk tetap mendukung kegiatan perusahaan," tandasnya.

Terpisah, Kepala Desa Kumpulrejo, Ahmad Ikhsan, ketika ditemui blokTuban.com usai mediasi menjelaskan, ia menanggapi positif dari itikad baik perusahaan terkait respon tuntutan warga yang dilayangkan soal perhatian kesejahteraan dari perusahaan.

Ikhsan menilai, selama ini perusahaan masih belum proaktif dengan perangkat desa. Sebab, masih mempercayakan kepada salah satu pihak yang dinilai tak menyampaikan pada Pemerintah Desa Kumpulrejo.

"Harapan kami, dengan adanya mediasi ini PT Arkan yang fokus pada CSR, lebih peduli dan proaktif menampung usulan masyarakat melalui pemerintah desa," ujar Kades muda itu.

Ia juga menghimbau kepada warga jika nantinya ada hal-hal yang perlu dikomunikasikan dengan perusahaan agar untuk memilih jalan musyawarah mufakat saja.

Data yang dihimpun blokTuban.com di lapangan, hasil dari pertemuan hari ini akan dibuat sebuah nota kesepakatan antara warga Kumpulrejo dengan perusahaan. [rof/rom]