Pemerintah Usulkan Buat Sentra Pedagang Ikan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pemerintah Kecamatan Tuban Kota menanggapi kegiatan ekonomi masyarakat, dalam hal ini usaha ikan asap dengan mengusulkan pembuatan sentra untuk pedagang ikan khas Tuban. Produk ikan asap sejauh ini telah menjadi salah satu ikon Bumi Wali.

Camat Tuban, Agus Hanafi membenarkan hal tersebut. Sebab penjualan ikan asap menurutnya perlu mendapat tempat yang layak untuk mendukung perekonomian warga yang tinggal di pesisir pantai utara (pantura) Tuban.

"Sudah diusulkan, di Tuban akan dibangun sentra semacam rest area sehingga olahan ikan selain diasap dapat pula dibakar atau digoreng langsung di tempat," kata Agus kepada blokTuban.com.

Seperti diketahui, warga dari tiga kelurahan yang termasuk di wilayah Kecamatan Tuban Kota memiliki pekerjaan mayoritas nelayan dan penjual ikan asap. Ketiga kelurahan tersebut yakni Kingking, Karangsari dan Sidomulyo.

Namun demikian, belum ada informasi persisnya grand desain sentra tersebut seperti apa nantinya. Lokasi yang dijadikan sentra penjualan ikan sepertinya berada di sekitar Kelurahan Karangsari.

"Di depan SPBU dekat Karangsari akan dijadikan tempat sentra penjualan ikan. Dari Dinas Kelautan dan Perikanan sendiri memberi bentuan tenda," kata Agus menambahkan.

Ia berharap perhatian pemerintah tersebut dapat mensejahterakan nelayan setempat. Untuk orang yang berjualan setidaknya memiliki suatu identiitas atau seragam khas Tuban. [dwi/rom]