Lawan Bumbung Kosong, Pendaftaran Pilkades Diperpanjang

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Jika hanya ada satu orang yang mencalonkan Kepala Desa (Cakades) atau kerap kali disebut sebagai Bumbung kosong, maka pendaftaran Pilkades akan diperpanjang dari jadwal yang sudah ditetapkan. Dalam jadwal yang sudah ditetapkan, Pendaftaran Pilkades dibuka mulai, 25 Agustus dan berakhir hingga 6 September 2016.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Kabupaten Tuban, Mahmudi menyatakan, akan memperpanjang waktu pendaftaran Pilkades sesuai batas akhir, pendaftaran diperpanjang selama 20 hari.

"Jadi kalau 6 September berakhir, maka Pendaftaran diperpanjang hingga 26 September," ujar Mahmudi kepada blokTuban.com (Jumat, 26/8/2016)

Lanjut pria berkacamata itu menjelaskan, dalam Pilkades memang tidak diperbolehkan melawan Bumbung kosong, oleh karena itu ada kebijakan memperpanjang waktu pendaftaran. Agar memberikan kesempatan bagi calon lain untuk bisa ikut mendaftar sebagai Cakades.

"Nanti bisa dikonsultasikan dengan pihak panitia Pilkades diiap-tiap desa masing-masing, yang jelas tambahan waktu pendaftaran selama 20 hari," pungkasnya.[nok/ito]