Isak Tangis Pecah, Iringi Pelepasan CJH Senori

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Wajah senang becampur sedih tampak menghampiri puluhan calon jamaah haji (CJH) asal Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban. Isak tangis CJH dan keluarga pecah mewarnai upacara pelepasan di tahun 2016 ini.

Upacara pelepasan CJH Senori yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 46 itu dilaksanakan di Masjid Agung Raudlatus Shalihin, Jatisari, Jum'at (26/8/2016) pagi tadi.

Keluarga dan kerabat calon jamaah haji tak kuasa menahan tangis saat mengantar para calon tamu Allah itu. Usai pembekalan kumandang Adzan menambah keharuan suasana di serambi masjid yang berada di perempatan Senori.

Murtiningsih (57) CJH asal Desa Sidoharjo, Senori itu merasa gembira dan was-was ketika harus meninggalkan keluarga untuk bertamu ke Baitullah.

"Rasanya senang, tapi juga khawatir dan was-was bercampur jadi satu," ujar istri mantan Kepala Desa Sidoharjo kepada blokTuban.com, Jum'at (26/8/2016).

Lanjutnya, ibu tiga anak ini tidak perlu persiapan yang berlebihan, cukup bekal yang dianjurkan pemerintah yang bisa dipergunakan saat menunaikan rukun Islam yang kelima itu.

Sementara Kepala KUA Senori, Edy Pujo Y. mengatakan untuk tahun ini jamaah yang di berangkatkan sebanyak 11 CJH. Di hadapan puluhan CJH menyampaikan, semua jamaah diminta untuk terus menjaga kekompakan dan meminta kepada keluarga calon jamaah untuk merelakan keberangkatan keluarganya ke Tanah Suci agar proses ibadahnya lancar dan tidak halangan.

“CJH harus bersungguh-sungguh dalam melaksanakan rukun dan syarat haji, agar menjadi haji yang mabrur," lanjut mantan kepalala KUA Jatirogo itu. [rof/ito]